KKN -DR Sisdamas: Dampak dan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi di Desa Sukatani Pada Saat Pandemi
Kata Kunci:
Dampak, Desa Sukatani, PertumbuhanAbstrak
Pandemi COVID-19 secara luas mempengaruhi kesejahteraan dan keadaan darurat di seluruh dunia sepanjang tahun 2020 dan tahun ini. Khususnya di wilayah Desa Sukatani, Cilamaya Wetan, Karawang. Tidak hanya berdampak pada keadaan darurat kesehatan, pandemi COVID-19 juga membuat perekonomian semakin terpuruk. Setelah dilanda tanggung jawab atau wilayah untuk membendung penyebaran Covid-19, kota ini ingin bangkit kembali. Oleh karena itu, pemerintah kota telah menjalankan strategi agar eksekusi moneter dapat pulih dan berkembang secara pasti mulai tahun ini. Tujuannya agar tidak sulit bagi individu untuk mendapatkan posisi yang tidak sulit untuk dilakukan, membuat kemajuan bagi orang miskin dan kelas pekerja sehingga mereka tidak menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari. Strategi grafis untuk mempermudah penguraian informasi yang didapat melalui wawancara dan dengan mengklarifikasi, menyortir, dan menguraikan informasi. Dengan mengarahkan pemeriksaan ini untuk memperluas persetujuan konsekuensi dari bantuan. Demikian pula, mereka juga memanfaatkan dampak dari UMKM selama pandemi ini.
Referensi
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.
Arianto, B. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Dunia. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.665
Covid-, P., & Andayani, I. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221
Iswari, L. M. (2021). Pengaruh COVID-19 Terhadap Investasi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 1(1), 13–20. https://doi.org/10.36908/jimesha
Mas’adah, Asngadi, & Hirmantoro, A. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus UMKM di Kawasan Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang (MSME Marketing Strategy during the Covid-19 Pandemic: Case study of UMKM in the Area of Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 43–48.
Mulyana, A. E., Hidayat, R., Andayani, N. R., & ... (2021). Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal …, 3(1), 62–76. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/AbdiMas/article/view/2685
Natasya, V., & Hardiningsih, P. (2021). Kebijakan Pemerintah Sebagai Solusi Meningkatkan Pengembangan UMKM di Masa Pandemi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 141. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.317
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Ramadhanti, M., Lestari, A. R., Dewi, D. F., Indrawati, T., Hilda, K. D., Kusniati, A., Setyawan, A., & Ahsan, M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Budidaya Lele Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8–14. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/274
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Rifky Billion
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.