Edukasi Penggunaan Media Digital yang Baik dan Benar Serta Pelatihan Potensi Minat Bakat Anak-Anak di Kampung Cikoneng Rw 03 Desa Cibiru Wetan Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Penulis

  • Sri Handayani Hukum Pidana Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasya Aisyah Khumaero Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdul Syukur Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Edukasi, Potensi, Covid-19

Abstrak

Dalam situasi pandemic global virus covid-19 yang telah melanda hampir seluruh negara didunia khususnya Indonesia mendapatkan dampak yang cukup signifikan diberbagai bidang khususnya Pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dimaksimalkan dalam bentuk tatap muka harus digantikan dengan daring lewat media teknologi gadget. Hal ini berimbasnya kepada peningkatan penggunaan teknologi gadget bagi anak-anak usia dini, karena pada usia 5-11 rentan terhadap konten-konten yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan anak diusianya. Anak-anak yang sudah belajar teknologi sedari kecil tanpa adanya edukasi dan bimbingan yang benar dari pihak yang lebih paham dikhawatirkan akan cenderung tidak peduli dengan sekitar. Dengan begitu, rasa malas dan jiwa individualisasi yang telah terbentuk di usia dini akan menghambat pengembangan potensi minat dan bakat di setiap anak-anak. Tujuan diadakan nya penelitian ini yaitu guna membantu masyarakat yang kesulitan dalam memberikan edukasi kepada anak-anaknya. Dengan begitu metode yang digunakan dalam masalah ini yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, terjun kelapangan dengan memberikan pembinaan kepada setiap anak-anak. Pengedukasian dan pengembangan minat bakat ditengah pandemic ini dilakukan dengan cara pembentukan sebuah program kerja yang didalamnya memuat pertunjukan short movie yang berisi motivasi untuk sekolah dan meraih cita cita, penyampaian power poin yang isinya tebtang cara memanfaatkan smartphone yang tepat, penulisan cita cita masing-masing anak disebuah kertas, pembuatan origami, dan pemberian cap tangan sebagai media pengingat mereka dalam mengejar cita-cita.

Referensi

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/10259

https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/download/1429/1048

https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/download/28/7/

https://media.neliti.com/media/publications/223789-the-influence-of-digital-technology-agai.pdf

https://www.neliti.com/publications/123627/pola-penggunaan-media-digital-di-kalangan-anak-dan-remaja-kasus-di-kota-jayapura#cite

Husna, Tanura. 2021. Optimalisasi Potensi, Minat dan Bakat Anak-Anak Desa Kinciran Untuk Kemajuan Potensi SDM di Desa Kinciran. Jurnal Griya dan Cendekia. Vol 6. No 1

Karman. 2012, Pola Penggunaan Media Digital Di Kalangan Anak Dan Remaja (Kasus Di Kota Jayapura Provinsi Papua), Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, Vol 2. No 1

Muhasim. 2017 Pengaruh Tehnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, Vol 5, No 2

Nihayah, ulin. 2015. Pengembangan Potensi Anak: Antara Mengembangkan Bakat dan Eksploitasi. Vol 10. No 2

salehudin. 2020. Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Vol 5. No 2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Handayani , S. ., Khumaero , T. A. ., & Syukur , A. . (2023). Edukasi Penggunaan Media Digital yang Baik dan Benar Serta Pelatihan Potensi Minat Bakat Anak-Anak di Kampung Cikoneng Rw 03 Desa Cibiru Wetan Dalam Situasi Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(8), 126–136. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1397

Terbitan

Bagian

Articles