Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis

  • Novia Aisah Asriati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Iswatun Hasanah H UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Resti Fauzy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Solihin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pembelajaran, Pendampingan, Ayo Mengaji, Pandemi Covid-19

Abstrak

 

Kegiatan belajar mengajar saat ini masih dilakukan secara online, hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum pula usai. Pengabdian mahasiswa KKN-DR yang dilakukan di Kp. Sari Lamping RW 14 dan Kampung Warung RW 02 Desa Tenjolaya Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung ini mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat setempat mengenai pentingnya pendidikan dalam situasi yang terjadi saat ini. Adapun program yang dapat menunjang yaitu Les Private dan kegiatan Ayo Mengaji untuk menumbuhkan motivasi belajar pada anak. Metode yang digunakan dalam program ini yaitu memberikan pendampingan proses belajar secara eksklusif dan menerapkan metode pembeljaran menyenangkan misalnya dengan pemberian dan penyajian materi melalui nyanyian, permainan, kuis, dan lain sebagainya. Sehingga anak-anak mampu belajar dan memahami materi dengan tenang dan menyenangkan. 

Referensi

Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal

Fridayanti., Sururie, W.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah., & Mardiansyah, Y. 2019. Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol2(1).

Halal, Rizqon. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, Vol.7 No. 5, 396.

Netting, R.M., Kettner dan McMurtry. 1993. Smallholders, Householders: Farm Families and the Ecology of Intensive, Sustainable Agriculture. Stanford: Stanford University Press.

Pengabdian Masyarakat, 2, 36-43.

Riyana, Cepi. 2018. Learning Object Material. [online]. Diakses dari : http://newpembelajar.blogspot.co.id/2018/01/materi-lom-pjj.html. (5 September 2021)

Rosiyanti, Hastri., Rahmita Nurul. 2018. Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol.4 No.1,

Santoso, A., & Rusmawati, Y. 2019. Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-29

Cara Mengutip

Asriati, N. A. ., Hasanah H, I. ., Fauzy, R. ., & Solihin. (2021). Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(12), 140–155. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/139

Terbitan

Bagian

Articles