Upaya Peningkatan Motivasi Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Aliatussaadah Aliatussaadah Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cahyadi Cahyadi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila Mutia Tsani Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rani Nurisa Fazriati Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung
  • Mila Badriyah Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Motivasi, Belajar, Covid-19

Abstrak

Pandemi covid 19 yang belum kunjung berakhir membuat sistem pendidikan di Indonesia menjadi berubah dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi metode pembelajaran jarak jauh/daring. Dengan menerapkan sistem tersebut banyak siswa dan para orangtua yang belum terbiasa dan merasa kesulitan dalam memahami sistem daring ini sehingga terkadang membuat siswa khususnya menjadi tidak memiliki rasa semangat untuk belajar. Kegiatan KKN DR Sisdamas yang kami laksanakan dengan salah satu program seminar motivasi belajar ini bertujuan agar para siswa tetap semangat dalam belajar dengan terus mengedepankan pengembangan belajar demi menggapai cita cita mereka. Metode pengabdian yang kami lakukan yaitu mengadakan program seminar dengan cara menjelaskan hal-hal yang terkait motivasi belajar siswa. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu tumbuhnya kesadaran siswa dalam meningkatkan semangat belajar mereka serta dibuktikan dengan peminat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yang awalnya 50% menjadi 65%. Meskipun perubahan tersebut belum mencapai maksimal tetapi dengan adanya kegiatan seminar tersebut menunjukan bahwa adanya perubahan yang signifikan dari sebelumnya.

Referensi

Astuti Alam Sur, W. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Equation. Vol 3 No. 2, 158-160

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalamSaukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

A.M, Sardiman,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : C.V. Rajawali, 1990.

Amna Emda, 2017, Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol 5 No. 2 93-196.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Aliatussaadah , A. ., Cahyadi, C., Tsani , N. M. ., Fazriati , R. N. ., & Badriyah , M. . (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(8), 1–10. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1388

Terbitan

Bagian

Articles