Proses Pencairan Pembiayaan Konsumtif Mitra Emas IB Maslahah Dengan Prinsip Ijarah
Kata Kunci:
Pandemi, Pera Orang Tua, Anak, PendidikanAbstrak
Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu program praktik di UIN Sunan
Gunung Djati Bandung sebagai bentuk implementasi mahasiswa antara
penelitian ini bertujuan untuk memaparkan alur proses pencairan
pembiayaan kepada nasabah dengan agunan berupa emas nasabah dengan
prinsip Ijarah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan, menganalisis,
mendeskripsikan serta menyimpulkan tentang kesadaran orang tua terhadap
proses pembelajaran anaknya dimasa pamdemi. Dalam posisi seperti ini,
orang tua harus berperan lebih dalam mendidik anak, khususnya dalam
pembelajaran sistem online ini. dalam hal ini, saya menggunakan metode
naratif deskriptif,, teknik pendekatan pada subjek dengan cara wawancara
serta observasi. Dalam hal ini, subjek yang diteliti berjumlah enam keluarga.
subjek memiliki kriteria mempunyain seorang anak yang masih berada di
jenjang SD sampai SMP dan tinggal di RT 01 RW 04, kelurahan Pakemitan,
kecamatan Cinambo, kota Bandung, Jawa Barat. Dan dapat diambil
kesimpulan bahwasannya peran orang tua terhadap anaknya dimasa
pandemi di bidang pendidikan sangatlah penting, seperti memonitoring tiap
mata pelajarannya, aktivitas belajar onlinenya, ataupun tugas-tugas yang
diberikan sang guru. Dan yang tidak kalah penting, peran orang tua untuk
selalu memotivasi anaknya, karena dimasa pamdemi yang tidak tahu kapan
berakhirnya, akan timbul perasaan jenuh dan malas yang mulai dialami oleh
anak-anaknya. dihasil wawancara ini, orang tua memaparkan kendala yang
terjadi pada anak, saya dan enam kepala keluarga berdiskusi mengapa hal
tersebut terjadi dan apa solusinya, dan hasil akhirnya kami menarik
kesimpulan bahwa melakukan beberapa langkah untuk terus memotivasi dan
berinovasi untuk anaknya agar tetap rajin dan giat dalam menimba ilmu
merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya mencari suasana baru
dalam belajar seperti belajar di alam terbuka, dll, atau media pembelajaran
baru bagi anak seperti video edukasi menggunakan youtube, dll.
Referensi
Jumlah kasus covid di Indonesia (2021) https://Covid.go.id/ (Diakses pukul 13.21 tanggal 5
September 2021)
World Health Organization [WHO]. (2020). WHO Director-General’s opening remarks at the
media briefing on COVID-19 -11 March 2020.
https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-openingremarks-atthe-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020 (Diakses pukul 16.54 tanggal 5
September 2021)
Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli, W. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan
Sehat (Phbs) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 76-82.
Aprilza Aswani, Peningkatan Kesadaran Terhadap Protokol Kesehatan Pada Anak-Anak Panti
Asuhan Aisyiah Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.
Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan.
Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka. Cipta.
Mulyana, D. (2002). Pengaruh Terpaan Informasi Kesehatan di Televisi terhadap Sikap Hidup
Sehat Keluarga. Jurnal Komunikasi Mediator, 3(2), 309–322.
https://doi.org/10.29313/mediator.v3i2.779
Rohita. (2021). Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan
Peran Orangtua di Rumah. Jurnal Obsesi, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.528
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. Jurnal
Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik, 1(1), 11–27.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Irfan Maulana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.