Pembedayaan Kualitas Membaca Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Teks News Anchor

Penulis

  • Auliya Umayna Andani Program studi ilmu komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fikri Program studi ilmu komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zulbaidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid-19, kkn, Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen perubahan). Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (kecakapan / ketrampilan hidup). Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa kualistas membaca dari masyarakat Dusun Mulyasari masih sangan rendah terutama pada siswa sekolah dasar. Dari itu, ditentukan bahwa program yang dilakukan adalah membantu siswa sekola dasar di dusun mulya sari dalam meningkatkan kualistas baca dengan menggunakan media teks news anchor, dilihat dari program tersebut mahasiswa menjadi fasilitator dan motivator. Pelaksanaan program kerja yang dimulai dari tanggal 2 Agustus 2021 – 31 Agustus 2021 ini berjalan lancar . dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir kualistan membaca siswa sekola dasar di dudun mulyasari cukup meningkat. Ditambah juga dengan bertambhanya wawansan mereka dibidang jurnalistik.

Referensi

Arum Nisma Wulanjani, Candradewi Wahyu Anggraeni (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/12305

Erna Ikawati (2013). UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PADA ANAK USIA DINI http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/219

Meliza, Adnan, Intan Safiah (2016). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Gugus Inti Kecamatan Peudada Kabupaten Birueun

https://media.neliti.com/media/publications/187425-ID-strategi-guru-dalammeningkatkan-kemampu.pdf

Zulfa Fahmy, Asep Purwo Yudi Utomo, Yusro Edy Nugroho, Annisa Tetty Maharani, Nailul Akhla Alfatimi, Novi

Izmi Liyana, Rossi Galih Kesuma, Titi Wuryani (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/48469

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Andani, A. U., Fikri, M., & Zulbaidah. (2022). Pembedayaan Kualitas Membaca Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Teks News Anchor. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1340

Terbitan

Bagian

Articles