Pemberdayaan UMKM Guna Meningkatkan Pendapatan Pada Wilayah Kampung Cibangkonol Rt 01-02 Rw 06 Cibiru Wetan Kabupaten Bandung
Kata Kunci:
Komunukasi Bisnis Marketing, Manajemen Keuangan, UMKMAbstrak
KKN DR sisdamas merupakan salah satu kegiatan mahasiswa dalam pengabdian terhadap masyarakat. KKN ini adalah kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh pihak kampus dengan tujuan untuk mengembangkan berbagai aspek tatanan kehidupan masyarakat. Kampung Cibangkonol RT01-02 RW 06 Cibiru Wetan merupakan Desa yang terpilih oleh kelompok 76 dalam penyelenggaraan kegiatan KKN sisdamas 2020/2021. Aspek yang akan kami analisis yaitu pada bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi UMKM, Manajemen Keuangan, dan Komunikasi Bisnis Marketing. Bentuk metode yang kami lakukan meliputi penyuluhan terhadap UMKM, mensosialisasikan cara Manage keuangan pada UMKM, dan komunikasi bisnis Marketing dalam pengembangan UMKM. Kesimpulan dari hasil KKN selama satu bulan penuh bahwa permasalahan utamanya terdapat pada kurangnya pemahaman terkait regulasi UMKM, strategi marketing, dan laporan keuangan. Sehingga kami memberikan pemahaman materi mengenai permasalahan tersebut. Selain itu kami juga memberikan fasilitas seperti menyediakan media promosi yang diantarana banner, akun olshop, dan pemotretan produk.
Referensi
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hafiluddin, M. R., Suryadi, & Saleh, C. 2014. Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil
Hariyoko, Yusuf. 2018. Pengembangan UMKM di Kabupaten Tuban. Surabaya: FISIP UNTAG SURABAYA.
Menengah (UMKM) Berbasis “Community Based Economic Development” (Studi Pada
Mikhael Dua. 2008. Filsafat Ekonom Upaya Mencari Kesejahteraan Bersama. Yogyakarta : Kanisius.
Pelaku UMKM Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo) . Wacana– Vol. 17, No. 2.
Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Peter Mahmud Marzuki. 2005. Penelitian Hukum. Jakarta : Kencana.
Suharto. 2010. Membangun Masyaratakat Memberdayakan Masyarakat, Kajian Strategis
Sunarto. 2003. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: AMUS.