Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Membangun Semangat Belajar dan Pengabdian Pada Masyarakat
Kata Kunci:
Pengabdian, Pendidikan, PenyuluhanAbstrak
Penerapan Perberlakukan Pembatasan Kegiatan atau disingkat PPKM tentunya sangat berpengaruh terhadap peradaban manusia menyebabkan hilangnya aktivitas masyarakat, hal tersebut tentunya berdampak pada melemahnya rasa saling memiliki terhadap sesama, kurangnya pendapatan ekonomi masyarakat, tingginya pengangguran, bahkan banyak terjadi kriminalisasi dimana-mana yang di akibatkan dari kelaparan. Kesadaran dan kepedulian terhadap wabah Covid-19 yang sudah berjalan satu setengah tahun ini, relasi agama dan kesehatan (sains) dengan tepat, moderasi beragama, dan pendidikan. Pengabdian dilakukan selama satu bulan yang meliputi pengajaran pada anak-anak tingkat SD dan memberi motivasi kepada anakanak agar semangat belajarnya tidak menurun. Edukasi mengenai hoaks yang terjadi di masa pandemi kepada masyarakat. Memberikan ilmu mengenai pertanian organik dan pembuatan spora jakaba.
Referensi
Arianto, Bambang. 2020. “Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19.” ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis 6(2): 233–47.
Astuti, Nining Puji et al. 2021. “Persepsi Masyarakat Terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Literature Review.” Jurnal Keperawatan 13(3): 569–80.
Gandryani, Farina, and Fikri Hadi. 2021. “Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia: Hak Atau Kewajiban Warga Negara (the Vaccination of Covid-19 in Indonesia: Citizen Right or Citizen Duty).” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 10(1): 23–41.
Idah, Yusida Munsa, and Muliasari Pinilih. 2020. “Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM.” Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX” 9(1): 195–204.
Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung, 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid-19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.