Efektivitas Sistem Pembelajaran Interaktif dalam Mencerdaskan dan Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Pandemi, PengabdianAbstrak
Pada masa pandemi Covid-19, UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerapkan model Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas). KKN-DR adalah KKN yang merdeka, dimana tujuan utamanya adalah mahasiwa ikut berkontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta turut andil dengan masyarakat dalam penanggulangan permasalahan yang terdampak corona. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu anak–anak dalam pembelajaran di masa pandemi dan mensosialisasikan betapa pentingnya pendidikan dengan metode pendekatan secara horizontal terhadap masyarakat. Beberapa kegiatan yang dapat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut adalah 1) ruang edukasi atau pojok belajar yang dilaksanakan di posko KKN dan ditujukan kepada anak-anak yang berada di sekitarnya, terutama siswa/i Sekolah Dasar (SD); 2) sosialisasi pendidikan yang dilakukan oleh peneliti melalui sekolah-sekolah tingkat menengah yang ada di daerah tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibuktikan dengan semangat dan antusiasme para siswa dalam mengikuti setiap kegiatan.
Referensi
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. DINAMIKA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 50-58.
Hamalik, O. (2008). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Maryati, K. (2005). Sosiologi 1. Jakarta: Esis.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.