Pemberdayaan Pelaku UKM Dimasa Pandemi dengan Memanfaatkan Media Digital di Wilayah Rw. 10

Penulis

  • Dwiki Septian Primananda Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Ummi Kholisoh Sitorus Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Widya Nur Amalia Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ridwan Rustandi Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pengabdian, Covid-19, digital marketing

Abstrak

Kuliah  Kerja  Nyata  (KKN)  DR  merupakan  sebuah  kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang  melibatkan mahasiswa sebagai peserta dan dosen sebagai pembimbing  yang  berfokus  pada  tema  bermitra dengan satgas covid dan unsur terkait yang ada di wilayah Rw 10 Kel. Kopo.Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap kondisi masyarakat Indonesia baik kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Indonesia di hadapkan dengan banyak persoalan dalam aspek ekonomi akibat dari pandemi Covid-19. Kondisi perekonomian di Indonesia dan upaya pemulihannya saat ini menjadi fokus baru dalam upaya penanganan.. Aturan-aturan yang telah dikeluarkan ini berdampak pada berbagai bidang, salah satunya ekonomi. Hal tersebut terjadi karena banyak kepala keluarga yang kehilangan pekerjaan mereka, sehingga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup terutama bahan pangan. Metodologi yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan partisipatif yang mengutamakan peran aktif dan keterlibatan mitra yang didampingi.Pengabdian kepada masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada kali ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pendampingan dan penelitian UKM yang ada di sekitar wilayah Rw 10 dengan harapan dapat membantu para pelaku UKM ini untuk menguupgrade usaha nya dan mencari solusi untuk permasalahan yang ada pada UKM di masa pandemi Covid 19 ini. Kami juga berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Referensi

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi-covid-19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020-2021 Antunious Purwanto (diakses tanggal 8 September 2021)

Darmalaksana, Wahyudin (2021) Melawan Covid-19 dengan Agama dan Sains (Medis) untuk Normal Baru Di Indonesia.

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi (diakses tanggal 8 September 2021)

Qotrunnada Ratri Hamidah, Agung Tri Pambudi Sejati, Ana Zulfatu Mujahidah. The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal with The Industrial Revolution 4.0. Universitas Sebelas Maret

Naswandi Nur, Listiyani Lia Wijayanti (2020) Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk. Jurnal UMJ

Nina Karlina, Hilman Abdul Halim, Dkk. (2019) PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DESA CISEMPUR DAN PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ECOMMERCE. Vol. 2, No.3, Hal 262 – 269

https://idcloudhost.com/pengertian-umkm-menurut-undang-undang-kriteria-dan-ciri-ciri-umkm/ di akses pada 24 September 2021

https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-ukm/ di akses pada 24 September 2021

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Primananda , D. S. ., Sitorus , U. K. ., Amalia, W. N. ., & Rustandi, R. . (2022). Pemberdayaan Pelaku UKM Dimasa Pandemi dengan Memanfaatkan Media Digital di Wilayah Rw. 10. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 150–158. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1294

Terbitan

Bagian

Articles