Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Anak-Anak Saat Masa Pandemi Covid-19 di Desa Patengan Kecamatan Rancabali

Penulis

  • Saiful Anwar Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fatahillah Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif, Desa Patengan

Abstrak

Di Era Pandemic Covid-19 menjadi fenomena global dunia pada saat ini. Pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil sebuah langkah kebijakan mengenai Surat Edaran No. 36962/MPK. A/HK2020 tentang proses Pembelajaran secara daring (Online). Dengan adanya kebijakan tersebut, menjadi suatu kendala bagi anak-anak dalam mencerna dan memahami ilmu yang diberikan oleh guru, karena anak-anak kurang memahami  materi-materi yang disampaikan oleh gurunya melalui daring (Online). Oleh karena itu, peneliti mengadakan kegiatan pendampingan belajar untuk membantu pembelajaran  saat  masa pandemic Covid-19, yang mana pengajarnya dari Anggota tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2021. Tujuan dari adanya program kerja ini yaitu untuk membantu anak-anak dalam proses pembelajaran yang mengalami  kesulitan dalam memahami materi  pembelajaran daring (Online) di Desa Patengan. Metodologi yang dilakukan dalam penelitan ini yaitu terdapat 5 pelaksanaan, (1) Survei Lapangan, (2) Koordinasi Antar Masyarakat, (3) Sosialisasi Terkait Program, (4) Pelaksanaan Program-Program, (5) Evaluasi Program-Program. Adapun hasil dari pengabdian yaitu ada 5 Tahapan, yaitu : Meningkatkan Pemahaman materi dari segi Baca Tulis, Perhitungan, dan Pengetahuan Umum, (2) Tanya Jawab mengenai pemahaman Hasil Belajar, (3) Permainan Ice Breaking, (4) Memberikan Motivasi, (5) pemberian Reward.

Referensi

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.

Hartono, A. (2016). Koordinasi Antar Lembaga dan Stakeholder dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (Studi Kasus: Taman Flora dan Taman Ekpresi di Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik. ISSN 2303 - 341X, 4(3), 1-12. Universitas Airlangga, Surabaya.

Muthiah, J., Muntasib, E. K. S. H., Meilani, R., Sunkar, A., & Rahayuningsih, T. (2016). Status kepemilikan lahan dan modal sosial Desa Patengan dan Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Selatan (Land tenure and social capital of Patengan and Alam Endah Villages, Rancabali District, South Bandung ). Media Konservasi, 21(3), 234.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Ulia, N., Fironika KD, R., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.32-47

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Anwar, S., & Fatahillah , I. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Anak-Anak Saat Masa Pandemi Covid-19 di Desa Patengan Kecamatan Rancabali. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), 136–143. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1292

Terbitan

Bagian

Articles