Pendampingan Belajar Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Terhadap Anak Ra dan Madrasah Ar-Ridho
Kata Kunci:
Belajar, Pemberdayaan, PengabdianAbstrak
Setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan, terkhususnya bagi kaum pelajar (anak-anak). Kegiatan pembelajaran setiap individunya tak selalu berjalan dengan ekspetasi, terkadang lancar, kadang kala pun tidak lancar. Kondisi seperti ini tentunya bukanlah hal yang baru namun ini merupakan sudah marak sekali terjadi pada setiap pelajar dalam kehidupan sehari-hari kaitannya dengan kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan ini, metodologi pengabdian pemberdayaan ini menggunakan eksperimen kualitatif. Pengabdian pemberdayaan dengan Eksperimen kualitatif merupakan metode pengabdian pemberdayaan dengan mengembangkan pendekatan atau keterampilan baru, menerapkannya secara langsung melalui program-program yang telah disusun, dan mengkaji hasilnya. Kegiatan pemberdayaan ini telah dilaksanakan langsung terjun ke lokasi pemberdayaan. Untuk pelaksanaan kegiatan pemberdayaan, terbagi menjadi beberapa waktu dan agenda kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara pendampingan belajar terhadap anak tingkat RA Ar-Ridho dengan tujuan meningkatkan kreativitasnya dan pendampingan belajar terhadap anak tingkat Madrasah Ar-Ridho dengan tujuan meningkatkan hasil belajar.
Referensi
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4 (2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2 (2), 124–129.
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2 (2), 127–144.
Rupawati, D., Noviani, L., Nugroho, J. A. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual. 1–8.
Utami, K., & Julianto. (2019). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar. Jpgsd, 2 (2), 76–81. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3029
Wahyuni, I., Khutobah, K., & Yuliati, N. (2016). Peningkatan Kreativitas dalam Membuat Bentuk pada Anak Kelompok B2 melalui Bermain Play Dough di TK Plus Al-Hujjah Keranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3 (2), 1–4. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3520
Basar, Afip. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri –Cikarang Barat –Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 2 No 1, 209.
Kiki. E. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Jurnal Moderat, Volume 6, Nomor 1, 137.
Muhamad. A., Eva. C., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Ageng Press.
Qodim. (2021). Petunjuk Teknis KKN DR. Bandung: LP2M.
Sukri. B. (2019). Penanaman Nasionalisme Pada Siswa (Studi pada SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, Volume XIV Nomor 1, 51.
Sri. M., & Sukmawijaya, Amalia. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 124-129.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Putri Ayu Larasati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.