Pendampingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Maripari Rt 01 Rw 01 Desa Maripari
Kata Kunci:
COVID-19, motivasi, minat, pendampingan belajar.Abstrak
Pendampingan belajar di masa pandemi covid-19 ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran. Metode pendampingan belajar yang digunakan adalah dengan memberikan pendampingan belajar secara luring, yakni mahasiswa dan siswa melakukan proses belajar mengajar secara langsung dan tatap muka. Pendampingan belajar ini dilakukan di Desa Maripari tepatnya di SDN 3 Maripari, materi yang diajarkan dalam pendampingan belajar ini disesuaikan dengan kebutuhan masingmasing kelas. Kelas yang diambil oleh peneliti adalah kelas 1 dan kelas 5 karena di kelas tersebut kekurangan tenaga pengajar. Proses pendampingan yang dilakukan setiap hari dan berjalan dengan baik dan lancar. Hasil yang diperoleh dari pendampingan belajar di Desa Maripari ini cukup bagus. Siswa di kelas sangat antusias selama proses pendampingan belajar dan merasa terbantu dalam menyelesaikan tugas di sekolah.
Referensi
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Handayani T, Khasanah HN, Yoshinta R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (J.Pengabdi. Kpd. Masyarakat) 1:107.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Samsul, Pahmi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Menggunakan Discovery Learning. Jurnal BELAINDIKA. Volume 02 Nomor 01 Halaman: 32-40.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID- 19).
Wahyu Aji Fatma Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 4- 12.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ajeng Nurul Walidaeni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.