Pengembangan Teknologi Augmented Reality di Bidang Pendidikan Serta Pemberdayaan Potensi Masyarakat Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Jatisari

Penulis

  • Amalia Azzahra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

mahasiswa, masyarakat, penelitian

Abstrak

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi agar dapat mencetak mahasiswa yang berkualitas yang dapat mengkorelasikan ilmu yang didapatkan dengan realitas masyarakat.KKN-DR dilaksanakan dengan dasar Tridharma perguruan tinggi yang mana pengabdian pun perlu di implementasikan setelah pendidikan dan penelitian dilaksanakan. Pelaksanaan KKN tahun 2021 satu adalah kegiatan KKN DR dimana dalam KKN ini mahasiswa melakukannya secara dalam ruangan atau daring di daerah sekitar yang lebih strategis dengan mahasiswa untuk melakukan segala aktivitas yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Pandemi covid-19 merupakan peristiwa menyebarnya penyakit dan hal ini menjadikan ada sedikit banyaknya perubahan yang akan dialami setiap individu. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak. Hal ini menjadikan banyak peraturan atau kebijakan baru yang dicanangkan oleh pemerintah mulai dari sekolah dari rumah (daring), patuhi 3M, jangan berkerumun dan hal lainnya berdampak pada sektor pendidikan, sosial budaya,kesehatan dan lingkungan di Desa Jatisari seperti pembelajaran dari rumah yang kurang efektif digunakan karena membuat murid menjadi jenuh dan seringkali mendapatkan lebih banyak tugas melebihi biasanya yang menjadikan kesibukan individual dan melupakan beberapa kehidupan sosial anak, seperti permainan tradisional yang mulai terlupakan dan kesehatan yang mulai terabaikan membuat penulis untuk menggali lebih jauh mengenai permasalahan dan potensi lannya yang dimiliki untuk menghasilkan sebuah penelitian yang relevan.

Referensi

Koentjaraningrat.1983. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Aksara Baru.

Raka Joni, T., Strategi Belajar- Mengajar, Sesuatu Tujuan Pengantar. Jakarta: P2LPTK Depdikbud, 1985 Dikti, 1996

Iskandar Putong, Teori Ekonomi Mikro (Jakarta: Mitra Wancana Media, 2005), 9-13

Undang- undang RI Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pembelajaran Nasional. Depdiknas, 2003

Undang-undang NO. 23 tahun 1992

Subandi, Ekonomi Pembangunan (Bandung: Alfa Beta, 2012), 9

Akhmad Mahyudi, Ekonomi Pembangunan dan Analisi Data Empiris (Bogor: Ghalia Indonesia, 2004), 1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Azzahra, A. . (2022). Pengembangan Teknologi Augmented Reality di Bidang Pendidikan Serta Pemberdayaan Potensi Masyarakat Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Jatisari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 125–138. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1276

Terbitan

Bagian

Articles