Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif di Dusun Cicelot Desa Cisarua Pada Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Augmented Reality, Pendidikan, Pengabdian, AplikasiAbstrak
Corona Virus Disease (Covid-19) merupakan virus yang sangat cepat penyebarannya, saat ini sedang menjadi topik utama isu di dunia. Tanpa terkecuali Indonesia, dengan adanya covid-19 ini menyebabkan perubahan yang signifikan untuk kehidupan yang berdampak ke semua aspek khususnya Pendidikan. Diberlakukannya beberapa kebijakan pembatasan aktivitas mengharuskan sekolah tidak beroperasional sehingga pelajar melakukan pembelajaran secara daring. Perkembangan TIK yang pesat menjadi jalan utama untuk permasalahan tersebut, namun masih banyak kekurangan diantaranya pengelolaan sistem belajar dari pengajar yang kurang menarik. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif yang mana paling tepat dalam menangkap persepsi manusia hanya dengan kontak langsung dan pikiran terbuka serta lewat proses induktif dan interaksi simbolik manusia bisa mengenal dan mengerti sesuatu. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Cicelot Rw 01 dan 02 Desa Cisarua, Kecamatan Cimalaka dengan objek penelitian kepada anak usia dini dan orangtuanya. Hasil dari penelitian ini terciptanya media pembelajaran interaktif yang menggunakan Augmented Reality yang dapat digunakan anak usia dini.
Referensi
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Difa Andika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.