PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS EDUKASI-PSIKOLOGIS MELALUI PENANGANAN BENCANA KEBAKARAN DAN KEGIATAN TERENCANA DI RW 005 KELURAHAN DUREN JAYA BEKASI TIMUR
Kata Kunci:
KKN-DR Sisdamas, Program Kerja Terstruktur, Masyarakat SekitarAbstrak
KKN-DR Sisdamas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi universitas yaitu dengan mengabdi kepada masyarakat dengan ilmu, pengalaman dan pemahaman yang telah dimiliki selama melangsungkan perkuliahan, sehingga mahasiswa tidak hanya memiliki ilmu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, melainkan bermanfaat juga untuk masyarakat secara luas. Metode yang dilakukan adalah dengan terjun langsung kedalam masyarakat dan merancang program kerja terstruktur selama satu bulan dengan output yang diharapkan dapat membantu dan mengedukasi masyarakat sekitar. Beberapa program kerja yang dijalankan oleh kelompok KKN-DR Sisdamas di RW.05 Kelurahan Duren Jaya, Kota Bekasi diantaranya meliputi membantu pendistribusian makanan, baju, sembako dan perlengkapan lainnya di lokasi posko kebakaran RW.05. kemudian program kerja lainnya yaitu mengedukasi masyarakat setempat terkait protokol kesehatan yang harus dilakukan, selanjutnya melakukan persiapan pelaksanaan Hut RI 17 Agustus, kemudian membantu pengurus RT setempat dalam melakukan posyandu keliling dan program kerja yang terakhir adalah melakukan pendampingan belajar bahasa inggris dan mengaji kepada anak-anak di sekitar lokasi RW.05 Duren Jaya. Dari beberapa program kerja tersebut diharapkan memberikan output atau hasil yaitu dapat membantu, mengedukasi dan mensejahterakan masyarakat setempat dari yang berusia muda hingga usia lanjutan, sehingga dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan kedepannya dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar maupun mahasiswa yang melaksanakan KKN baik dari segi pengalaman dan pembelajaran, serta memiliki kepekaan terhadap apa yang terjadi di kondisi sekitar.
Referensi
Aulia, G., Rahmah Fahriati, A., Okta Ratnaningtyas, T., Meitania Utami, S., Dwi Pratiwi, R., Adi Ismaya, N., Purnama Sari, F., Monja, T., Kania Rahsa Puji, L., & Ayu Sabrina, P. (2021). Covid-19 Prevention Education With the Health Protocol of 5M and the Importance of Multivitamins During Covid-19 Pandemic. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 133–139.
Damayanti, K. A. Y. U., Ainy, N. U. R., & Nawangsari, F. (2017). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan ACHIEVEMENT EMOTION TERHADAP ACHIEVEMENT GOAL SISWA DI SMAN 1. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6, 72–88. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpppddfff20ebafull.pdf
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691
Muhammad. (2019). Trauma Healing Terhadap Korban Bencana Alam di Jawa Timur, Indonesia. Mahasiswa Program Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 383–398.
Psikologi, F., Psikologi, S., Selamat, U., Kendal, S., & Kurniawan, D. A. (n.d.). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Menik Tetha Agustina 1. 120–128. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/perseptual
Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.18419
ana Alam di Jawa Timur, Indonesia. Mahasiswa Program Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 383–398.
Psikologi, F., Psikologi, S., Selamat, U., Kendal, S., & Kurniawan, D. A. (n.d.). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Menik Tetha Agustina 1. 120–128. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/perseptual
Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/intrakurikuler
Universitas Mulia. (2020). PENGABDIAN PADA MASYARAKAT. Universitas Mulia Global Technopreneur Campus. https://universitasmulia.ac.id/pengabdia n-pada-masyarakat/
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Hanifah Azzahra Aulia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.