Upaya Meningkatkan Produktivitas Pendidikan Pada Kalangan Anak-Anak di RW 10, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kota Bandung
Kata Kunci:
pendidikan, produktifitas, pengabdianAbstrak
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan sebuah negara, terutama di Negara Indonesia. Dengan mengecap pendidikan, seseorang mampu bertransformasi menjadi manusia yang berdaya. Sayangnya, praktek pembelajaran di kebanyakan sekolah masih kurang efektif dan produktif, apalagi di masa pandemi sekarang ini. Terbukti, meski banyak anak-anak yang sudah menerima pendidikan di sekolah atau madrasah, namun tak sedikit dari mereka yang masih tidak mengerti tentang apa saja yang sudah mereka pelajari selama ini di sekolah atau madrasah tersebut, tak terkecuali di RW 10 Desa Jatiendah yang secara total memiliki 4 RT. Walhasil. ini mencerminkan masih tidak produktifnya pendidikan di Indonesia. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi program pengabdian masyarakat kami, yakni perihal peningkatan produktifitas pendidikan di RW 10, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang. Tujuannya jelas, yakni berupaya meningkatkan produktifitas dalam hal pendidikan yang menyasar pada anak-anak di RW 10. Kegiatan ini diharapkan dapat mendongkrak produktifitas pendidikan dan pemahaman anak-anak yang berada RW 10, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang. Pengabdian yang kami lakukan menggunakan sistem pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci(Sugiyono, 2010). Adapun program kerja yang berhasil kami buat yaitu Pertama, mengadakan bimbel di lingkungan RT 04 setiap hari Senin sampai Jumat. Kedua, mengajar ngaji di RT 04 yang diselenggarakan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Ketiga, mengajar di Madrasah Nurul Ikhlas yang terletak di RT 03. Berbeda dengan dua program sebelumnya yang taget sasarnnya adalah anak-anak RT 04, di Madrsah Nurul Ikhlas target sasaran kami meliputi anak-anak dari RT 01 sampai RT 03 yang memang rutin belajar mengaji di madrasah tersebut. Keempat, memberikan rak buku ke Madrasah Nurul Ikhlas.
Referensi
Arafah, Eli Fitorul. 2018. “Produktifitas
Pengajar Dalam Lembaga Pendidikan.” Jurnal Tawadhu 2 (January): 6. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp- content/uploads/IEEE-Reference- Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.e du.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps:/
/doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ah ttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/ White- Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand.
Luan, Sanchriani Marce, Wilfridus Taus, and Marthen Patiung. 2019. “PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA APARATUR DESA DI DESA ANGKAES KECAMATAN WELIMAN
KABUPATEN MALAKA.” Jurnal Ilmu
Administrasi Negara 1 (1): 41–55.
Misya, M V S, and Wan Asrida. 2017. “Upaya Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Komunitas Adat Terpencil Desa Sesap Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2011-2014.” Jom Fisip 4
(1): 1–13.
Omer, Nopan. 2005. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Nopan Omeri 9 (manager pendidikan): 464–68.
Rista, K, and Eko April Ariyanto. 2018.
“Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak.” Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa 01 (02): 139–40. https://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/vi ew/2076.
Rostini. 2007. “PRODUKTIFITAS SEKOLAH
(Studi Analisis Tentang Pengaruh Tindakan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap
Produktifitas Sekolah).” Neliti. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung.
Tampubolon, Daulat P. 2001. “Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-21.” PT. Gramedia Pustaka Ilmu XX (4): 345–46.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Mohamad Aqbil Wikarya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.