Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Kelas Vii di Mts Fatahillah Cimahi

Penulis

  • Inne Kurniatie Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vera Octavia Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Media, Media Pembelajaran

Abstrak

Semenjak pandemi covid-19 melanda, terjadi beberapa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan salah satunya adalah dalam dunia pendidikan. Pendidikan mengalami perubahan yang cukup signifikan karena pendidik dipaksa untuk tetap profesional dan diharapkan dapat memberikan pembelajaran dengan tetap efektif dan peserta didik dipaksa untuk mengerti suatu materi pembelajaran bagaimanapun situasinya saat ini. Karena terjadi beberapa perbedaan dalam dunia pendidikan menjadikan pendidik didorong untuk mengasah keterampilannya dan ikut serta dalam mengikuti perubahan zaman. Media pembelajaran dapat berpengaruh sangat penting pada kondisi saat ini karena media dapat menjembatani pemahaman peserta didik dengan lebih mudah. Karena pembelajaran yang berbasis online ini maka media pembelajaran audio visual cocok digunakan untuk situasi saat ini. Diharapkan dalam suatu pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran audio visual berupa video dapat berjalan dengan efektif dan memberikan hasil belajar peserta didik yang memuaskan.

Referensi

Adliani, S., & Wahab, W. S. A. (2019). Pemanfaatan Video untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 141-145). FBS Unimed Press.

Ali Sadikin dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Volume 6, Nomor 02

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167

Andi Jusmiana dan Herianto. 2020. Pengaruh Penggunan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi COVID-19. Pedagogy, Volume 5 Nomor 2

Kisbiyanto. 2011. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, STAIN Kudus vol. 3 no. 2

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia. Indonesia, 173.

Muhammad Kurnia dkk. KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat melalui Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai

Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3.

Rusby, Z., Bakhri, B. S., & Rozi, S. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Tamu pada Wisma Graha Az-Zahra Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 222-241.

Wahyu Andhika Puteri dkk. 2020 Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada SDN 1 Serayu Larangan. ABDIPRAJA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1, No. 1

Wirawan, A. (2020). Memaksimalkan layanan informasi berbasis media audio visual: suatu upaya meningkatkan minat belajar siswa di SMP. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(2), 148-153.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Kurniatie, I. ., & Octavia, V. . (2022). Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Kelas Vii di Mts Fatahillah Cimahi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 120–131. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1251

Terbitan

Bagian

Articles