Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi di Madrasah Al Barokah Sindanggalih Sumedang

Penulis

  • Pian Septian Isnaeni Pendidikan Fisika, Tarbiyah dan Keguruan , UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Proses Pembelajaran, Ice Breaking

Abstrak

Motivasi belajar yang tinggi pada siswa dalam mengikuti pembelajaran akan melahirkan aktivitas belajar yang maksimal. Bilamana siswa sudah sampai pada titik merasa bosan atau jenuh dalam proses pembelajaran maka bisa berdampak motivasinya belajarnya akan turun bahkan hilang. Mengatasi permasalahan tersebut guru melakukan dengan berbagai cara kreatif salah satunya kegiatan ice breaking yang digunakan untuk mencairkan suasana dalam proses pembelajaran.. Adapun tahapan penelitian ini yaitu proses, partisipasi, respon dan hasil dilengkapi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari data hasil observasi dan wawancara dapat dikatakan berjalan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil observasi yang memperoleh persentase sebesar 75,7%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Isnaeni , P. S. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi di Madrasah Al Barokah Sindanggalih Sumedang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 111–119. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1250

Terbitan

Bagian

Articles