Pemberdayaan Para Remaja Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Non-Formal di Kampung Siderang Legok
Kata Kunci:
Meningkatkan, Pemberdayaan, Pendidikan Nonformal, RemajaAbstrak
Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting untuk bekal masa yang akan datang. Pendidikan dapat ditempuh melalui pendidikan formal, pendidikan nonformal dan pendidikan informal. Pendidikan nonformal adalah pendidikan yang ditempuh dengan sistem berjenjang dan terstruktur namun bersifat fleksibel. karena memiliki sifat yang fleksibel pendidikan nonformal menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi lingkungan tempat pendidikan itu diselenggarakan. Melalui pendidikan nonformal Kampung Siderang Legok mengadakan pengajian untuk memperkenalkan ilmu agama kepada anak-anak. Disetiap pendidikan tentu dibutuhkan seorang guru dan fasilitas yang memadai agar pendidikan dapat ditempuh dengan baik. Kurangnya guru dan sarana pembelajaran yang berujung pada terhambatnya proses belajar mengajar dan masalah itulah yang menjadi hambatan dalam melaksanakan pendidikan nonformal di kampung siderang legok. Tujuan pengabdian ini adalah memberdayakan para remaja yang ditujukan untuk menjadi pengajar atau guru ngaji di kampung siderang legok dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan non-formal di kampung siderang legok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pendidikan nonformal di kampung siderang legok.
Referensi
Dewantara, KH. (2011). Karya Ki Hadjar Dewantara: Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Taman Siswa.
Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang. DIMAS.
Nahdliyah, A. (2018). Meningkatkan Potensi Mengajar Melalui Pengkaderan Guru Ngaji di Desa Alasmalang Kabupaten Banyuwangi. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement.
Noor, Munawar. 2011. Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS.
Soedarso. (2010). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.
Sri wulan,dkk. 2018. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Membiasakan mengaji di TPA Ash-Sholihin RW 03 Cipacing, Jatinagor. Sumedang : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Sudjana. (2010). Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Ulfah, dkk. 2019. Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran membaca Al- Quran. Semarang : Jurnal Pendidikan Agama Islam.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Algifari Rosyada
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.