Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Dusun Pasantren Desa Gunungmanik
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Pendampingan Pembelajaran, Pembelajaran DaringAbstrak
Pandemi Coronavirus Disease 19 atau COVID-19 sudah hampir 2 tahun menyerang Indonesia. Hal ini sangat berdampak pada berbagai aktifitas kehidupan salah satunya bidang pendidikan yang mengalami banyak perubahan. Aktifitas belajar mengajar di sekolah dibatasi dengan kebijakan pemerintah yang memberlakukan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di rumah saja dengan sistem DARING (dalam jaringan). Namun ada banyak faktor yang menjadi penghambat proses pembelajaran jarak jauh yang menyebabkan motivasi anak menurun. Oleh karena itu, salah satu program kegiatan KKN-DR di Dusun Pasantren Desa Gunungmanik yaitu program pendampingan pembelajaran daring yang bertujuan untuk menjadi problem solver pada permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi dan meningkatkan motivasi dan semangat belajar pada siswa. Setelah kegiatan dilaksanakan, siswa mengikuti kegiatan dengan sangat antusias dan menjadi lebih rajin lagi belajar di rumah. Hal ini membuktikan bahwa semangat siswa dalam pembelajaran daring menjadi lebih meningkat.
Referensi
(n.d.). Retrieved September 5, 2021, from https://covid19.go.id/
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Islam. Jurnal Lantanida, 5(2), 93-196.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(3), 33-41.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Audry Rahmasuci Yudatama
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.