Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak-Anak dan Ekonomi Kreatif Produksi Opak dan Batu Bata di Desa Ridomanah
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Usaha Produksi Opak, Batu BataAbstrak
Masyarakat yang tertinggal akan pendidikan dan ekonomi terletak di Desa Ridomanah. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian yang kami lakukan. Secara geografis Desa Ridomanah Kecamatan Cibarusah terletak di ujung selatan Kabupaten Bekasi. Hal ini pula yang menyebabkan pendidikan agama dan ekonomi di desa Ridomanah tertinggal. Pengabdian ini bertujuan untuk pelaksanaan program pemberdayaan pendidikan agama islam dan ekonomi kreatif produksi opak dan batu bata masyarakat Ridomanah. Metode yang di gunakan dalam pengabdian dan penelitian ini yaitu kualitatif deskrptif. Yang di hasilkan dari pengabdian dalam sektor pendidikan agama adalah tercapainya program belajar agama bersama mahasiswa yang di laksanakan di Dusun I dan Dusun II yang dapat menarik partisipasi dam antusias masyarakat setempat. Adapun dalam keberhasilan dari sektor ekonomi yaitu bisa tercapainya pemasaran melalui online dengan memberikan edukasi dan inovasi baru kepada UMKM masyarakat setempat. Kegiatan ini dimulai dengan refleksi sosial, perencanaan partisipatif, metode pembelajaran, dan pelaksanaan program. Indikator yang terlihat dari keberhasilan sektor pendidikan agama adalah anak-anak dapat memahami sejarah islam dan tokoh-tokoh penyebar ajaran islam. Adapun indikator keberhasilan dalam sektor ekonomi kreatif UMKM produksi opak dan batu bata adalah terealisasinya pemahaman terhadap masyarakat UMKM tentang metode pemasaran online. Berdasarkan hasil penelitian, kedua madrasah yang di tuliskan di atas dan UMKM Desa Ridomanah sudah berjalan sejak 10 tahunan yang lalu.
Referensi
Ahmadi. A dan Prasetya. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Alawiyah, Siti Aisyah dan Fitriani, Sela. (2021). Revitalisasi Semangat Belajar di Tengah Pandemi Melalui Metode Team Teaching. Jurnal Griya Cendikia, Vol. 6 No, 1.
Annistri, Ayunindya. (2020). Inilah Perubahan Dunia Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19. Tersedia di cekaja.com website https://www.cekaja.com/info/inilah-perubahan-dunia-pendidikan-di-tengah-pandemi-covid-19/
Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Airlangga University Press.
Fikri, Ahmad Zainul, Maulina Hendrik, dan Romadon. (2019). Analisis Penerapan Metode Team Teaching di Kelas 3 SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Dalam Prosiding Semnasfip: 261-279. Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index.
Darajat, Zakiyah. (1990). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Gultom, Johannes J. (2011). Penyelenggaraan Pendidikan Melalui Team Teaching. Jurnal UNIMED No. 77 Th. 37.
Herliandry, Luh Devi. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020.
Jamaluddin, Dindin. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru. Tersedia: http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/Pembelajaran%20Daring%20Masa%20Pandemik%20Covid-19%20Pada%20Calon%20Guru%20Hambatan%2C%20Solusi%20Dan%20Proyeksi.pdf
Kemdikbud, Pengelolaan Web. (2020). Metode Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Harus Sesuai dengan Kondisi Daerah. Retrieved from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan website.
Putsanra, Dipna Videlian. (2020). Arti New Normal Indonesia: Tatanan Baru Beradaptasi dengan COVID-19. Tersedia di tirto.id website https://tirto.id/fDB3
Wahyudin, Dedih. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30652/1/Pengelolaan%20Pendidikan%20Jarak%20Jauh.pdf
M. Soleh, Analisis strategi inovasi dan pandangan terhadap perusahaan (Studi kasus : UKM manufaktur di Kota Semarang), Program studi magister manajemen, program pasca sarjana. Universitas Dipenogoro, Semarang, 2008.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aisyah Ameliana Yudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.