Manajemen Psikologi Komunikasi sebagai Alternatif Pendidikan pada Masa Covid-19 di Desa Asir-Asir Atas
Kata Kunci:
Manajemen, Psikologi, Komunikasi, PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pendistribusian kebutuhan pendidikan berbasis psikologi dan komunikasi kepada siswa sekolah dasar yang terhambat oleh Covid-19. Berbagai tantangan yang muncul akibat keterbatasan ruang gerak pendidikan menjadi masalah serius dalam laju perpindahan ilmu pengetahuan ataupun perpindahan nilai-nilai dan norma. Proses transisi pembelajaran konvensional yang kini digantikan dengan sistem daring seakan menuntut seluruh perangkat instuisi untuk mampu beradaptasi dengan tekhnologi. Meski demikian tekhnologi tidak serta merta mampu menjadi media yang optimal untuk proses perkembanganpendidikan. Penelitian ini berdasarkan hasil survey dan analisis data dari pelaksanaan kegiatan selama kurang lebih tiga minggu tiga hari. Hasil bimbingan ini dinilai efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masa Covid-19. Dengan metode manajemen psikologi komunikasi yang baik proses transfer pengetahuan menjadi lebih mudah, siswa menjadi senang dalam kegiatan belajar sehingga semua informasi bisa ditangkap tanpa membebani fikian. Hal ini karena pada dasarnya anak-anak hanya tidak mengerti menjadi pendengar yang baik tapi mereka merupakan peniru yang baik.
Referensi
Industry 4.0: Industrial Revolution of the 21st Century, Poland: Polish Academy of Sciences, 2019
Anonim. 2020. Online Learning, Teaching, and Education Continuity
Planning for Schools. United Kingdom: International Baccalaureate Organization.
Fadianta, Sanjaya, G. Y., dan Widyandana. 2013. Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa dengan Memberikan Fleksibilitas Belajar Mengajar Melalui Metode Blended Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, Vol. 2, No. 2, Hal. 1-6.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Daris Iqbal Chysara
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.