Efektifitas Ruang Belajar TBM dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak di Desa Cikarang Kota Kp. Pilar
Kata Kunci:
TBM, Pendidikan, PandemiAbstrak
Pada masa pandemic covid-19, ada banyak masalah terjadi di masyarakat, salah satunya berimbas kepada bidang pendidikan. Pandemic Covid-19 mengakibatkan kegiatan belajar mengajar menjadi sangat terbatas. Hampir seluruh sekolah di berbagai belahan dunia ditutup dan tidak mengadakan kegiatan belajar secara tatap muka, hanya mengandalkan kegiatan belajar mengajar secara online. Penerapan sistem belajar mengajar secara online tentu saja tidak sama efektif dengan kegiatan belajar mengajar secara langsung. Pembelajaran secara online tentu saja membutuhkan fasilitas lebih dalam pelaksanaannya. Hal semacam ini tidak mudah untuk dipenuhi oleh fasilitator sekolah maupun peserta didik. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan TBM adalah untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi pada pendidikan anak-anak di masa Pandemic Covid-19. TBM adalah teknik belajar sambil bermain. Pada kegiatan ini, anak-anak peserta didik akan melakukan pembelajaran dengan permainan tradisional sehingga mereka mengetahui bahwa ada permainan yang lebih seru dan menarik ketimbang bermain gadget. Dalam pelaksanaan kegiatan penulis menggunakan empat tahapan metode antara lain, sosialisasi Awal, Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat, Perencanaan Partisipatif (Cantif) dan Sinergi Program, Pelaksanaan Program (Pepro) dan Monitoring Evaluasi (Monev)
Referensi
A. Aziz Abdul Majid. (2001). Mendidik Anak Dengan Cerita.
Ismail, andang. (2006). Education Games (Menjadi Cerdas Dan Ceria Dengan Permainan Edukatif).
Suyanto, slamet. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Gerhana, Y A, A R Atmadja, D S Maylawati, A Rahman, K Nufus, H Qodim, Busr, and M A Ramdhani. “Computer Speech Recognition to Text for Recite Holy Quran.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 434 (December 4, 2018): 012044. https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012044.
Hannah, Neng, Husnul Qodim, Ramdani Wahyu Sururie, and Robbi Rahim. “Flash Multimedia Application: An E Learning Arabic Language for Mastering Fluency in Reading the Qur’an.” In 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 1–4. IEEE, 2019. https://doi.org/10.1109/CITSM47753.2019.8965412.
Husna, Hilyatul, and Abdul Wasik. “Mahabbah Al-Ghozali as a Model of Education and Child Care.” Edukasi 1, no. 1 (2021).
Opipah, Sarah, Husnul Qodim, Deni Miharja, Sarbini, Eki Ahmad Zaki Hamidi, and Tutun Juhana. “Prototype Design of Smart Home System Base on LoRa.” In 2020 6th International Conference on Wireless and Telematics (ICWT), 1–5. IEEE, 2020. https://doi.org/10.1109/ICWT50448.2020.9243643.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Gifan Mudjib
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.