Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran dengan Metode Tahsin di Kampung Sindang Sari

Penulis

  • Laily Atifah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Pina Pitriana Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Motivasi, Belajar, Metode Tahsin

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar tentang memahami pada peserta didik tingkat sekolah dasar/Ibtidaiyah (SD/MI) dan sekolah lanjutan pertama (SMP/MTs) di desa cimekar cileunyi jawa barat. Pada tingkat ini motivasi belajar Al-Quran pada anak sangat minim karena kurangnya kemampuan membaca Al-Quran. Tujuan dari kegiatan belajar mengajar ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar anak agar fasih membaca Al-Quran. Metode deskriptif dengan pendekatan ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta simulasi. Adapun hasil hasil dari kegiatan belajar mengajar antara lain: Pertama, peserta didik lebih memahami teori ilmu tajwid. Kedua, mereka termotivasi belajar Al-Quran lebih baik lagi. Ketiga, dengan metode tahsin peserta didik dapat dengan mudah memperbaiki atau memperbagus bacaan. Keempat, terdapat perubahan yang signifikan setelah menggunakan metode tahsin.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Atifah, L., & Pitriana, P. (2022). Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran dengan Metode Tahsin di Kampung Sindang Sari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(61), 109–115. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1233

Terbitan

Bagian

Articles