PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA CIMENYAN RW 03
Kata Kunci:
pendidikan, Peserta Didik, OrangtuaAbstrak
Pendidikan merupakan salah satu pondasi dalam kemajuan suatu bangsa. Melalui Pendidikan juga seseorag mampu untuk membentuk moral yang lebih baik serta meningkatkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Namun, karena semakin meningkatnya penularan covid-19 yang terkonfirmasi di Indonesia yang memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan demi menekan penyebaran virus Covid-19 tersebut, sehingga diterapkanlah peraturan yang berdampak pada Pendidikan saat ini. Kebijakan yang ada saat ini tidak hanya berpengaruh pada sistem Pendidikan dan juga proses pembelajaran peserta didik, namun juga terhadap bagaimana keterlibatan orangtua terhadap pendidikan di masa pandemi ini. Untuk menjawab permasalahan tersebut, para peserta KKN kelompok 159 membuat sebuah kegiatan pengabdian yang mana kegiatan ini diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Tujuan daripada kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan antusias dan juga motivasi anak-anak akan belajar walau secara daring serta membantu para orangtua yang mengalami kesulitan untuk membimbing anak-anaknya dimasa pandemi ini.
Referensi
An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat . Bandung: Gema Insani Press.
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Hawa, I(1), 35-50.
Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 81-89.
Hadi, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: An-Nisa.
Iftitah, S., & Faridhatul, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pademi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), IV(2), 71-81.
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluargan dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, VIII(2), 246-260.
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moore, J. L., Dickson-Diane, C., & Gaylen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. Elsevier, 129-135.
Prasojo, L., & Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Quthub, S. (2002). Tafsir Fi Zilalil Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.
Setiardi, D. (2017). Keluarga sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi. Vol. 14. No. 2, 136.
Syahraeni, A. (2015). Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Al-Irsyad Al-Nafs Jurnal Bimbingan Penyuluhan, II(1),, 27-45.
Tirtarahardja, U., & La Sulo, S. (2005). Pengantar Pendidikan Edisi Revisi, Cet. II. Jakarta: Rineka Cipta.
Uhbiyat, N. (1998). Ilmu Pendidikan Islam Jilid I. Bandung: Pustaka Setia.
Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020: ISSN: 2686 6404 (pp. 472-479). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran "landasan dan aplikasinya". Jakarta: Rineka Cipta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Anis Nashooihul Umam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.