Pendidikan Sebagai Fondasi Membangun Negeri: Pengembangan Program Pendidikan Di Kampung Karang Asih Bandung

Penulis

  • Silmi Asyifa Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yumna Yumna Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Program pendidikan, Learning Group Al-Farizi, Bakti sosial

Abstrak

Kampung karang asih merupakan kampung pemukiman penduduk yang terletak di RW 013 Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Bandung. Permasalahan utama yang terdapat pada kampung ini meliputi permasalahan ekonomi, pendidikan (agama dan akademik) dan kepemudaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan pendekatan Social relfection, planning, gathering community dan action. Metode analisis dalam planning yang digunakan adalah analisis SWOT (Strength, weaknesess, Opportunities dan Threats). Peneliti merancang program yang diberi nama Learning Group Al-Farizi yang bertujuan untuk meningkatkan spiritualitas dan akademik anak serta remaja di kampung karang asih bandung. Program ini juga ditujukan untuk mengedukasi orang tua dan anak akan pendidikan. Kegiatan yang terdapat didalam Learning Group Al-Farizi antara lain mengaji, literasi dan bimbel yang dilaksanakan setiap hari. Kegiatan bulanan Learning Group Al-Farizi antara lain parenting dan trainning untuk anak dan remaja. Selain itu peneliti bekerja sama dengan lembaga amal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mebagikan sembako dan nasi bungkus bagi mereka yang membutuhkan.

Referensi

Novianti, A. (2016). Pengaruh Pola Asuh Otoriter terhadap Kecerdasan Emosi pada Remaja Madya. Jurnal Ilmiah Psikologi. 9(1)

Rovika, H. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri dalam Menjalankan Metode Pembelajaran Daring/Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh Asal Simeulue. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Santoso, M. D. Y. (2020). Review Article: Dukungan Sosial Dalam Situasi Pandemi Covid 19. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian dan Pengembangan, 5(1), 11–26. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i1.184

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J.W. (2007). Remaja (11). Erlangga.

Shidiq & Raharjo (2018). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA. Prosiding Penelitian & Pengabdian kepada masyarakat. Vol 5, No. 2.

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, Vol. 25, No. 1.

Yanuarti, E. (2017). PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI. HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM 13. Jurnal Penelitian,Vol. 11, No. 2.

https://blogs.itb.ac.id/feeds/pendidikan-macam-pengertian-umum/

https://money.kompas.com/read/2021/04/05/000600126/rincian-umr-bandung-2021-dan-26-daerah-lain-di-jawa-barat#:~:text=Untuk%20Kota%20Bandung%2C%20UMR%20ditetapkan,Kabupaten%20Sumedang%20Rp%203.241.929

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-24

Cara Mengutip

Asyifa , . S. ., & Yumna, Y. (2022). Pendidikan Sebagai Fondasi Membangun Negeri: Pengembangan Program Pendidikan Di Kampung Karang Asih Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(86), 157–174. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1211

Terbitan

Bagian

Articles