Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Yayasan Nurul Huda Al-Inayah Ciranjang Kabupaten Cianjur
Kata Kunci:
inovasi, pendidikan, teknologiAbstrak
Perkembangan teknologi yang semakin maju telah masuk ke segala sektor dalam kehidupan, termasuk juga di ranah pendidikan sekolah yang dituntut untuk paham mengenai teknologi. Namun, tidak semua sekolah mampu melakukan hal tersebut karena kurangnya fasilitas atau keterbatasan kemampuan pengajarnya. Dan hal tersebut pula yang terjadi di Yayasan Nurul Huda Al-Inayah, yang berlokasi di Desa Gunung Sari, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Proses pembelajaran di Yayasan Nurul Huda Al-Inayah mengalami keterlambatan jika dibandingkan dengan sekolah formal lainnya. Pengabdi memiliki tujuan untuk menangulangi hal tersebut dengan cara memberikan pembelajaran berbasis teknologi dengan media video animasi. Adapun tahapan yang dilakukan adalah tahapan social reflection (diskusi dan koordinasi dengan pihak Yayasan), tahapan participation planning (penyusunan program), dan tahap action and evaluation (pelaksanaan kegiatan dan evaluasi). Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya motivasi semangat siswa/I dalam belajar, selain itu juga lewat metode ini siswa/I jadi lebih mudah dalam memahami materi sehingga dapat meningkatkan kualitas dari siswa/I tersebut.
Referensi
Aminah, S. (2019). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEMAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. 21.
Andriani, T. (2015). SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. S o s i a l B u d a y a : M e d i a K o m u n i k a s i I l m u - I l m u S o s i a l d a n B u d a y a , V o l . 1 2 , N o . 1 J a n u a r i - J u n i 2 0 1 5, 3.
Efendi, N. M. (2018). REVOLUSI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (PENGGUNAAN ANIMASI DIGITAL PADA START UP SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN SISWA BELAJAR AKTIF). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi Vol. 2 No. 2 September 2018 p.173-182.
Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro Vol. 5, No. 1, Maret 2009, hlm. 1 - 10.
Kusnandar. (2013). PENGEMBANGAN MODEL PENDAYAGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL, TERTINGGAL, DAN TERDEPAN. Jurnal KWANGSAN Vol. 1 - Nomor 2, Desember 2013.
Margareta Widiyasanti, Y. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 1, April 2018, 8.
Purwidiantoro, M., Kristanto, D., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 30-39.
Widianto, N. (2018). VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING PERANGKAT KERAS KOMPUTER KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO. 8.
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam Volume 2 No. 01 2019, p. 117-129 ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online) DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28, 3
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nurkorida Aeni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.