Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di TPA Haifdhin Royyan

Penulis

  • Yumna Yumna Fakultas Usshuludin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Defitriliana Defitriliana Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, , Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dimas Prayoga Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochamad Rizky Pratama Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rendy Nurhapid Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Efektifitas, Pembelajaran, Murid

Abstrak

Masalah yang di hadapi oleh TPA Hafidhin Royyan adalah kurang efektif nya sistem pembelajaran sehingga potensi yang di miliki oleh para murid TPA Hafidhin Royyan kurang terpantau secara detail. Penulis bertujuan untuk mendeskrisikan bagaimana strategi agar TPA Hafidhin Royyan dalam rangka untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh murid TPA Hafidhin Royyan. Dan Juga mengetahui Hasil yang telah di capai oleh TPA Hafidhin Royyan dalam menerapkan strategi pembelajaran metode pelatihan. Metode Latihan ini merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan melatih keterampilan kepada murid dengan merangsang, memanfaatkan atau membuat sesuatu. Biasanya setelah penjelasan murid akan di uji oleh beberapa pertanyaan yang telah di sampaikan. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif, dengan menyajikan lengkap pembelajaran dengan setting sosial belajar mengajar dua arah, adanya feedback hasil dari pembelajaran berupa praktikum yang dilakukan oleh santri/peserta didik. Evaluasi hasil dari metode ini berdasarkan test akhir membaca Al Quran. Saran dari kegiatan ini agar lebih efektif nya pembelajaran harus melakukan metode Latihan agar semua murid terpantau secara detail.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Yumna, Y., Defitriliana, D., Prayoga, D., Pratama , M. R., & Nurhapid, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Quran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di TPA Haifdhin Royyan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(56). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1190

Terbitan

Bagian

Articles