BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING UNTUK PEMBIASAAN BELAJAR MANDIRI DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
bimbingan, belajar, mandiriAbstrak
Seperti halnya dengan bidang kehidupan lain, bidang pendidikan yang merupakan salah satu aspek penting bangsa kondisinya ikut terdampak oleh pandemi Covid-19. Banyak siswa khususnya di lokasi KKN DR Sisdamas RT02 RW16 Kampung Bojongjati Desa Bojongloa Kabupaten Bandung, pembelajarannya terhambat bahkan terhenti karena transformasi dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran daring yang mendadak dan tidak ada persiapan ataupun penyesuaian sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut melalui tahap refleksi sosial bersama tokoh-tokoh masyarakat, maka disusunlah program bimbingan belajar dengan pendekatan student centered learning dengan tujuan agar pembelajaran siswa pada lokasi KKN DR Sisdamas ini dapat terus berlangsung. Selain itu pendekatan tersebut dipilih dengan harapan siswa mampu terbiasa dan memilki kemampuan belajar secara mandiri sebagai bekal dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Hasil program tersebut menunjukan pembelajaran siswa kembali terlaksana setelah sebelumnya terhambat bahkan terhenti. Namun penerapan kemampuan belajar mandiri belum terlalu maksimal karena secara umum siswa belum menguasai personal atributes secara keseluruhan. Sehingga dengan begitu diperlukan program bimbingan lebih lanjut dengan proses perencanaan, monitoring dan evaluasi yang lebih baik.
Referensi
Abu, A., & Widodo, S. (2004). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Afip, M. B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 02(01), 208-219.
Ahmad, U. A., Anava, S. N., & Yolanda, S. P. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Masyaraakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 39.
Dede, N. d. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universtas Muhammadiyah Tahun 2021. Surabaya: UM Surabaya Publishing.
Dyah, V. R., Fattah, H., & Alif, M. (2017). Pengetahuan Metakognitif Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 02(02), 280-284.
Fatimah, & Ratna, D. K. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 01(02), 108-214.
Hotmaulina, S., Bernadetha, N., & Rospita, S. (2020). Penerapan Belajar Mandiri Dengan Strategi Efektif Pada Masa Pandemi Covid 19 Bagi Remaja Hkbp Duren Jaya Bekasi. Jurnal Comunita Servizio, 02(02), 393-405.
Husnul, Q. d. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: PPM LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2021.
Ivonne, R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 04(02), 50-56.
Mutiara, O. d. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 03(02), 122-128.
Nana, S. d. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 06(01), 288-297.
Nika, C., & Rita, K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(01), 152-159.
Ria, N. A., Fina, F., & Muhammad, N. A. (2021). Peran Orang Tua sebagai Fasilitator Anak dalam Proses Pembelajaran Online di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 105-117.
Risnanosanti. (2008). Melatih Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008, 2-115.
Riza, A. P., Mustofa, K., & Joni, R. P. (2017). Penerapan Metode Pembeajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 01(01), 24-38.
Setyati, P. W. (2020). Menciptakan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Discovery Learning dengan Assessment for Learning. Journal Unnes, 226-233.
Sri, G. d. (2020). Belajar Mandir: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Zulvia, T. (2013). Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ta’lim, 01(04), 324-335.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 SettingsAditya Faturrohman Pratama
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.