Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Teknologi Aplikasi Islami sebagai Media Pendidikan dan Dakwah di Dusun Cicelot, Cisarua, Kabupaten Sumedang
Kata Kunci:
Dakwah, Pendidikan, PemberdayaanAbstrak
Dakwah senan tiasa dihadapkan pada kenyataan. dan kenyataan memiliki sikap dinamis berubah dan melaju kemasa depan dan Perkembangan teknologi di zaman ini kian pesat, kemudian masyarakat dibenturkan pada fenomena covid-19 yang menuntut semua orang untuk melakukan kegiatan secara daring. dan kondisi ini secara tak langsung mengharuskan setiap elemen masyarakat melihat akan perkembangan teknologi. Pada beberapa kasus terdapat anak-anak yang belum pandai dalam memilah apa yang ia konsumsi di internet, sehingga menurunnya motivasi dan minat belajar anak –anak dan yang timbul hanyalah dampak negatif dan jauh dari nilai keislaman. Untuk itu, hasil pemberdayaan masyarakat ini fokus pertama, menjadikan perkembangan teknologi sebagai strategi dakwah dengan aplikasi islami kedua , menjadikan Aplikasi islami sebagai media pendidikan dan dakwah sehingga terealisasikan media pembelajaran alternatif di era pandemi covid – 19 dalam upaya meningkatkan motivasi dan minat belajar anak – anak terutama belajar ilmu agama. dan penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dalam proses indentifikasi permasalahan yang ada dilapangan dengan melakukan pendekatan studi kasus, adapun dalam proses pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan dokumen berupa sumber tertulis, vidio, atau foto.
Referensi
Sadiman, Arif S. dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya Jakarta: Rajawali Pers.
Miarso,. 2007. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta. Pustekom Dinas.
Wikipedia: Pengabdian kepada masyarakat. Tersedia secara online di https://id.wikipedia.org/wiki/Pengabdian_masyarakat.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa, Jurnal KWANGSAN Vol. 1, Nomor 2, Desember 2013.
Hayati, Rina. 2019. Pengertian Studi Kasus, Jenis, Tujuan, dan Contohnya. https://penelitianilmiah.com/studi-kasus/
Triana, Rumba. (2021). Pemberdayaan Media Sosial Masyarakat Terhadap peningkatan Pendidikan Dakwah Islam, dan Kesehatan Lingkungan Pada Era Pandemi Covid-19. STAI Al-Hidayah. Bogor.
Kominfo. (2020). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Tersedia secara online:https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/kominfo+%3A+pengguna+internet+di+indonesia+63+juta+orang/0/berita_satker.
Anjar. 2014. Pengertian Dakwah Menurut Para Ahli. https://www.wawasanpendidikan.com/2014/10/pengertian-dakwah-menurut-para-ahli.html diakses pada tanggal 9 september 2021 pukul 18.34
Hidayat syah.2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif. Pekanbaru : Suska Pres.
Wardi Bachtiar, 1997. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos.
Ihsan, Muhammad. 2021. Arti dan Tujuan Pendidikan Menurut Pakar. https://unjkita.com/arti-dan-tujuan-pendidikan-menurut-pakar/. Diakses pada tanggal 18 september 2021 pada pukul 09:15.
RF, Rahmawati. 2016. Kaderisasi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan sebagai Media Dakwah. https://www.google.com/search?q=pendidikan+sebagai+media+dakwah&oq=pendidikan+sebagai+media+dakwah&aqs=chrome..69i57j0i22i30j0i10i22i30j0i22i30.14759j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
IdTesis. 2012. Definisi Metode Deskriptif. https://idtesis.com/metode-deskriptif/ diakses pada tanggal 18 september 2021 pada pukul 09:39.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Hanifah Syifa Fakhriyyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.