Program Pendampingan Belajar Siswa Melalui Rumah Belajar Cendekia Di Desa Cikubangsari Selama Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
KKN DR Sisdamas, Pandemi Covid-19, Pendampingan Belajar, Rumah Belajar CendekiaAbstrak
Pandemi Covid-19 masih belum usai dan berdampak pada sektor pendidikan.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Tri
Dharma Perguruan Tinggi yakni dengan salah satunya memenuhi kegiatan
KKN DR Sisdamas 2021 UIN Sunan Gung Djati Bandung yang dilaksanakan
dalam situasi Covid-19 menggunakan metode pemberdayaan. Kegiatan
dilaksanakan melalui KKN Individual di Desa Cikubangsari Kabupaten
Kuningan. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan kontribusi bagi
masyarakat sekitar sebagai agen mahasiswa yang mengenyam pendidikan
tinggi sesuai dengan aturan yang diberlakukan sehingga keberadaan
mahasiswa dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, tujuan pengabdian
ini adalah memberikan pendampingan belajar bagi siswa yang terdapak pada
sistem pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam KKN DR
Sisdamas ini terdapat 3 tahapan, diantaranya kegiatan refleksi sosial,
perencanaan partisipasif, dan pelaksanaan program yang dibimbing secara
virtual oleh Dosen pembimbing lapangan. Hasil dari pengabdian ini adalah
perkembangan prestasi belajar siswa rata-rata menunjukkan perkembangan
yang positif menuju ke arah yang lebih baik, serta antusias masyarakat
terhadap kegiatan KKN DR Sisdamas ini sangat disambut dengan baik.
Referensi
Cahaya, Nur, Ayunika Syaharani Purba, and Nurul Faradilla. 2021. “Pengaruh
Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Daring Dan Terukur 71 UINSU 2021
Berbasis Moderasi Beragama Dalam Membangun Desa.” 3(1): 55–61.
Haryani, Tiyas Nur, and Bima Maulana Rahmad Hidayat. 2020. “Kuliah Kerja Nyata
Covid-19 Sebagai Agen Informasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di
Masyarakat.” Jurnal Abdidas 1(4): 242–47.
Kusumaningrum, Betty, Krida Singgih Kuncoro, and Tri Astuti Arigiyati. 2020. “Inventa:
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendampingan Orangtua Dalam
Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama
Masa Pandemi Covid-19.” INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 04(2):
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa.
Nasrun, Nasrun, Faisal Faisal, and Feriyansyah Feriyansyah. 2018. “Pendampingan
Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Selayang Kota
Medan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 24(2): 671.
Purwanto, Agus et al. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap
Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1): 1–12. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Santoso, Agus, and Yunni Rusmawati. 2019. “Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah
Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan.”
Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian
Masyarakat 2(02): 36–43.
Sriyono, Heru. 2016. “Program Bimbingan Belajar Untuk Membantu Meningkatkan
Kemandirian Belajar Siswa.” Sosio-E-Kons 8(2): 118–31.
Syah, Rizqon H. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah,
Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syari 7(5).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.