Meningkatkan Self Directed Learning Anak-Anak di Desa Pagedangan Melalui Program Rumah Pintar

Penulis

  • Aan Adrian Khothibulumam Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fiqri Nurfauzi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilda Nisrina Permata Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Libella Adhani Zahra Pendidikan Guru Matematika, Tarbiyyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maulana Sakan Pendidikan Agama Islam, Tarbiyyah dan keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nafah Svadisthia Handoko Perbandingan Madzhab dan Hukum, Syar`ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Roechan Alifa Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Self Directed Learning (SDL), Rumah Pintar

Abstrak

Artikel ini membahas hal yang mempengaruhi minimnya kegiatan belajar anak - anak dan hal yang memotivasi anak - anak untuk lebih giat belajar dengan menggunakan metode Self Directed Learning (SDL) melalui program Rumah Pintar. Dengan di wujudkan nya program kerja ini, anak – anak di Desa Pagedangan Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu mulai ada sedikit kemajuan terhadap pola belajar mereka. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu membantu anak – anak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) lalu membahas kembali materi yang ada di sekolah dan bermain sambil belajar. Hasilnya, antusias dan semangat dari anak – anak di Desa Pagedangan Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu ini begitu besar dan membuat pola belajar mereka pun ikut berubah menjadi lebih semangat.

Referensi

Handayani, N. N. (2017). Pengaruh Model Self-Directed Learning Terhadap Kemandirian Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp N 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 12.

Intan Febry Sulasiwi, S. K. (2019). Eksplorasi Keterampilan Self-Directed Learning (Sdl) Siswa Sma: A Descriptive Research Study. Physics Education Journal, 43.

Sunarto. (2008). Kemandirian Belajar. Retrieved From Http://Banjarnegarambs.Wordpress.Com/Kemandirianbelajar-Siswa/

Wasitohadi, D. (2014). Hakekat Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 50.

Wijiastuti, D. M. (2014). Pengaruh Model Self-Directed Learning Melalui Kegiatan Vertikultur Terhadap Kemampuan Keterampilan Pertanian Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Khothibulumam, A. A., Nurfauzi , F. ., Permata, H. N. ., Zahra, L. A. ., Sakan, M., Handoko, N. S. . ., & Alifa, R. . (2022). Meningkatkan Self Directed Learning Anak-Anak di Desa Pagedangan Melalui Program Rumah Pintar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 12–20. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1113

Terbitan

Bagian

Articles