Meningkatkan Self Directed Learning Anak-Anak di Desa Pagedangan Melalui Program Rumah Pintar
Kata Kunci:
Self Directed Learning (SDL), Rumah PintarAbstrak
Artikel ini membahas hal yang mempengaruhi minimnya kegiatan belajar anak - anak dan hal yang memotivasi anak - anak untuk lebih giat belajar dengan menggunakan metode Self Directed Learning (SDL) melalui program Rumah Pintar. Dengan di wujudkan nya program kerja ini, anak – anak di Desa Pagedangan Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu mulai ada sedikit kemajuan terhadap pola belajar mereka. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu membantu anak – anak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) lalu membahas kembali materi yang ada di sekolah dan bermain sambil belajar. Hasilnya, antusias dan semangat dari anak – anak di Desa Pagedangan Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu ini begitu besar dan membuat pola belajar mereka pun ikut berubah menjadi lebih semangat.
Referensi
Handayani, N. N. (2017). Pengaruh Model Self-Directed Learning Terhadap Kemandirian Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp N 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 12.
Intan Febry Sulasiwi, S. K. (2019). Eksplorasi Keterampilan Self-Directed Learning (Sdl) Siswa Sma: A Descriptive Research Study. Physics Education Journal, 43.
Sunarto. (2008). Kemandirian Belajar. Retrieved From Http://Banjarnegarambs.Wordpress.Com/Kemandirianbelajar-Siswa/
Wasitohadi, D. (2014). Hakekat Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 50.
Wijiastuti, D. M. (2014). Pengaruh Model Self-Directed Learning Melalui Kegiatan Vertikultur Terhadap Kemampuan Keterampilan Pertanian Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 3.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aan Adrian Khothibulumam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.