Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan ICT (Information and Communication Technology)

Penulis

  • Ani Fitriani Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilman Lajuardhie Teknik Elektro, Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salma Nurul Azizah Pendididikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ahmad Syaeful Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pembelajaran, PJJ, ICt

Abstrak

Pandemi Covid-19 banyak menyebabkan perubahan – perubahan kegiatan dalam bidang pendidikan. Dimana kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan dilaksanakan dengan jarak jauh, dengan begitu peran teknologi sekarang ini sangat diperlukan guna mengoptimalisasi proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh setiap jenjang pendidikan. Selama proses pengabdian kepada masyarakat, kelompok KKN – DR SISDAMAS kelompok 140 berhasil mengidentifikasi beberapa permasalahan yang terjadi pada bidang pendidikan yang mana proses pembelajarannya dilaksanakan secara jarak jauh, dimana kurangnya pengetahuan dan kemampuan peserta didik dalam memahami teknologi informasi dan komunikasi serta terkendala dalam kegiatan konsultasi belajar. Dengan mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan kegiatan workshop mengenai ICT (Information and Communication Technology) serta pelatihan dalam mengoperasikan aplikasi yang biasanya digunakan untuk belajar seperti, pelatihan ZOOM Conference, Microsoft office, dan Google Form bagi pendidik yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kemampuan pendidik dan peserta didik dalam menggunakan teknologi yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Hasil dari pelatihan tersebut menunjukkan bahwa setelah melaksanakan pelatihan, pendidik dan peserta didik mampu mengoperasikan teknologi dengan baik dan dapat mengaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Serta peningkatan kualitas dilihat dari kegiatan konsultasi belajar, dan kegiatan perlombaan yang telah dilakukan oleh kelompok peneliti.

Referensi

Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A. dan Bakti, I. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 4, No. 1, Mei 2015: 59 - 62 ISSN 1410 – 5675

Al – Khidmat. 2021. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-khidmat. Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati.

Qodim, H. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat.

Mahmudi, A., Sodiq, F. 2021. Optimalisasi Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Vokasi, Vol.2, No.1, Juni 2021, ISSN 2621 – 8801

Idwan, 2009. Pembelajaran berazas media teknologi informasi. http://jurnalmedia.com/tik/~idwan.pdf. diakses Mei 2009

Haviluddin2, 2010. Active Learning berbasis Teknologi Informasi (ICT)1. Jurnal Informatika Mulawarman Vol 5 No. 3 September 2010

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-17

Cara Mengutip

Fitriani , A. ., Lajuardhie, H. ., Nurul Azizah , S. ., & Syaeful Rahman, A. . (2022). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan ICT (Information and Communication Technology). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(75), 69–81. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1090

Terbitan

Bagian

Articles