Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Program Tagar
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Pendidikan, Team TeachingAbstrak
Keluhan masyarakat khususnya ibu rumah tangga yang menyebutkan bahwa kurang maksimalnya pembelajaran secara online/daring membuat kegiatan pembelajaran anak kurang maksimal, seperti sulitnya anak dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Beberapa program KKN-DR Sisdamas Desa Pagersari dalam bidang pendidikan dibuat dibuat sebagai upaya meminimalisir permasalahan yang dialami anak dan sebagai solusi atas keluhan masyarakat khususnya terkait dengan kegiatan pembelajaran. Program pendidikan salah satunya adalah Temu Anak Gemar Belajar (TAGAR), program ini dibuat sebagai wadah untuk berdiskusi dan mengulas seputar materi pelajaran. Metode dalam pelaksanaan program TAGAR adalah dengan menggunakan metode Team Teaching. Berdasarkan hal tersebut, program TAGAR dapat meminimalisir dan menjadi solusi dari keluhan masyarakat terkait kurangnya motivasi belajar anak-anak mereka.
Referensi
Alawiyah, S. A., & Fitriani, S. (2021). Refitalisasi semangat belajar ditengah pandemi melalui metode team teaching. Jurnal Griya Cendekia, 6(1), 1-17.
Anwas , O. M. (2011). Kuliah kerja nyata tematik pos pemberdayaan keluarga sebagai model pengabdian masyarakat di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 565-575.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial, 12(7), 13-15.
Asniawati, A., & Ratnawati, E. (2020). Pemberian motivasi melalui cerita atau games untuk menumbuhkan minat belajar anak usia SD dan SMP. Dimasejati, 2(2), 204-213.
Fikri, Zainul, A., Hendrik, M., & Romadon. (2019). Analisis penerapan metode team teaching di kelas 3 SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Prosiding semnasfip, 261-279.
Qodim, H. d. (2021). Petunjuk teknis kuliah kerja nyata dari rumah berbasis pemberdayaan masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) pengabdian di masa pandemi bermitra dengan satgas covid-19. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Syardiansah. (2017). Peranan kuliah kerja nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa . Jurnal JIM IPB, 7(1), 57-68.
Utami, & Wahyu, S. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Firji Agustin Fairuz
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.