Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Program Tagar

Penulis

  • Firji Agusti Fairuz Prodi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fopi Nopiah Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tini Sri Eka Dewi Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khoiruddin Muchtar Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Pendidikan, Team Teaching

Abstrak

Keluhan masyarakat khususnya ibu rumah tangga yang menyebutkan bahwa kurang maksimalnya pembelajaran secara online/daring membuat kegiatan pembelajaran anak kurang maksimal, seperti sulitnya anak dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Beberapa program KKN-DR Sisdamas Desa Pagersari dalam bidang pendidikan dibuat dibuat sebagai upaya meminimalisir permasalahan yang dialami anak dan sebagai solusi atas keluhan masyarakat khususnya terkait dengan kegiatan pembelajaran. Program pendidikan salah satunya adalah Temu Anak Gemar Belajar (TAGAR), program ini dibuat sebagai wadah untuk berdiskusi dan mengulas seputar materi pelajaran. Metode dalam pelaksanaan program TAGAR adalah dengan menggunakan metode Team Teaching. Berdasarkan hal tersebut, program TAGAR dapat meminimalisir dan menjadi solusi dari keluhan masyarakat terkait kurangnya motivasi belajar anak-anak mereka.

Referensi

Alawiyah, S. A., & Fitriani, S. (2021). Refitalisasi semangat belajar ditengah pandemi melalui metode team teaching. Jurnal Griya Cendekia, 6(1), 1-17.

Anwas , O. M. (2011). Kuliah kerja nyata tematik pos pemberdayaan keluarga sebagai model pengabdian masyarakat di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 565-575.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial, 12(7), 13-15.

Asniawati, A., & Ratnawati, E. (2020). Pemberian motivasi melalui cerita atau games untuk menumbuhkan minat belajar anak usia SD dan SMP. Dimasejati, 2(2), 204-213.

Fikri, Zainul, A., Hendrik, M., & Romadon. (2019). Analisis penerapan metode team teaching di kelas 3 SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Prosiding semnasfip, 261-279.

Qodim, H. d. (2021). Petunjuk teknis kuliah kerja nyata dari rumah berbasis pemberdayaan masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) pengabdian di masa pandemi bermitra dengan satgas covid-19. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Syardiansah. (2017). Peranan kuliah kerja nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa . Jurnal JIM IPB, 7(1), 57-68.

Utami, & Wahyu, S. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-14

Cara Mengutip

Fairuz, F. A., Nopiah, F., Dewi, T. S. E., & Muchtar, K. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Program Tagar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(79), 24–35. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1070

Terbitan

Bagian

Articles