Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Dan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Di Era Pandemi Bagi Guru Dan Wali Murid Paud Mekar Bhakti, Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung

Penulis

  • Maulana Yoga Asthofa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizky Irmawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ezga Mayzamelilla Ghievanny UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Zoom dan Google Meet, Media Pembelajaran, Era Pandemi

Abstrak

Kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi ZOOM dan Google Meet sebagai
media pembelajaran di era pandemi yang diadakan oleh Kelompok 4 KKNDR SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati kepada guru dan wali murid PAUD
Mekar Bhakti di RW 04 Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.
Sosialisasi kegiatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan
menggunakan pendekatan diskusi, dilanjutkan dengan tanya jawab dan
simulasi penggunaan aplikasi ZOOM dan Google Meet dengan tujuan agar
guru beserta wali murid dapat mengetahui serta memahami bagaimana cara
penggunaan aplikasi ZOOM dan Google Meet dengan baik dan benar
sehingga diharapkan menjadi bekal bagi para guru dan wali murid dalam
proses belajar mengajar kedepannya. Adapaun hasil dari kegiatan sosialisasi
yang kami adakan yaitu para guru dan wali murid mendapat pengetahuan
baru serta memahami dan dapat dengan cepat menerapkan penggunaan
dari aplikasi ZOOM dan Google Meet.

Referensi

Nurhadiati, Feby and Lionardo, and Farisha Sestri Andries and Musdalifah. 2020. “Difusi

Inovasi Aplikasi Hallo Palembang Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota

Palembang.” Sriwijaya University.

Saodah Wok, Narimah Ismail, and Mod Yusof Hussain. 2006. Teori-Teori Komunikasi.

Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN

Sunan Gunung Djati Bandung.

Suhery, Suhery, Trimardi Jaya Putra, and Jasmalinda Jasmalinda. 2020. “Sosialisasi

Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn

Mata Air Padang Selatan.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):129–32. doi:

47492/jip.v1i3.90.

Airtanah, A. (2014). BAB Kajian II Teori. BAB li Kajian Teori, 9-34.

Riadi, M. (2011). Pengertian,karakteristik, dan manfaat E-Learning. Kendala dan

penerapan E-Learning. jurnal information , 1-16.

Setiawan, P. (2020). Pengertian E-learning Pengertian E-learning Menurut Para Ahli .

Karakteristik E-learning Manfaat E-learning.

Taufik.net. (2010). Kelebihan Dan Kekurangan. Kelebihan Dan Kekurangan., 1-7.

I. A. R. Muhammad Ihsan and Matahari. (2019). “Pelatihan Penggunaan E-Learning

Menggunakan Zoom Cloud Meeting Untuk Guru. Pengabdi. Masy., vol. 2, 49-53.

Juniartini, N. R. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan

Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa covid 19.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol. 9, no 2, 133-141

Muhammad Basri, M. B. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring

bagi Guru-Guru. Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, 53-57.

Sawitri, D. (2019). Penggunaan Google Meet untuk Work From Home di Era Pandemi

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Prioritas:Jurnal Pengabdian

Masyarakat, Vol. 2, No. 1, 14-21.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Asthofa, M. Y. ., Irmawan, R. ., & Ghievanny, E. M. . (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Dan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Di Era Pandemi Bagi Guru Dan Wali Murid Paud Mekar Bhakti, Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(9), 196–205. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/107

Terbitan

Bagian

Articles