Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Thariqah Al-Mubassyarah (Metode Langsung) di Mts Al-Hidayah

Penulis

  • Alliba Zamzami Nur Maulida Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan GUnung Djati Bandung
  • Linda Halimatu Sadiah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syaeful Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Metode Thariqah Al-Mubasyarah, Pembelajaran

Abstrak

Pembelajaran substansinya adalah proses mengajar yang dilakukan secara maksimal oleh seorang pembimbing terhadap siswa dan siswi dengan memberikan materi. Dengan kata lain bahwasannya pembelajaran merupakan sebuah upaya seorang pembimbing dalam menciptakan proses pembelajaran dengan situasi dan kondisi yang kondusif untuk mencapai tujuan. Bahasa Arab merupakan salah satu Bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan di kalangan masyarakar, karena Bahasa Arab memiliki keistimewaan dan keunggulan dari Bahasa lainnya, salah satu nya menjadi Bahasa yang abadi (karena bahasa Arab merupakan Bahasa Al-Qur’an) serta Bahasa Arab menjadi salah satu Bahasa yang di pakai oleh penduduk surga. Maka dari itu kita sebagai umat muslim wajib untuk memahami isi Al-Qur’an dengan cara menguasai dna mengetahui dasar-dasar Bahasa Arab. Direct artinya langsung. Metode Langsung dalam Bahasa arab di sebut dengan Thariqah Al-Mubassyarh yaitu suatu cara penyajian materi pelajaran Bahasa Arab di mana guru langsung menggunakan Bahasa tersebut sebagai bahasa pengantar dalam sebuah pembelajaran dan tanpa menggunakan bahasa anak didik sedikitpun dalam mengajar. Maka dari itu ketika terdapat sebuah kalimat atau kata-kata yang sulit dimengerti anak didik, guru dapat mengartikan dengan menggunakan alat peraga, mendemonstrasikan, menggambarkan dan lain-lain. Metode ini memberikan sebuah pemahaman, dan cara pembelajaran bahasa asing tidak sama halnya sama mengajar ilmu pasti atau ilmu alam.

Referensi

Ahmad. (2021, Januari ). Peranan Kuliah Kerja Nyata dalam Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Study Kasus IAIN Salatiga KKN). Jurnal Pegabdian Kepada Masyarakat, Vol. 01(No. 01).

B, Nugiyantoro. (2021). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa . Yogyakarta.

Muh, A. (2019, Februari). Metode Langsung (Direct Methods) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lisan Jurnal Bahasa dan Pengajarannya, Vol. 04(No. 01).

Muhammad, A. (2017). Metode Langsung (Direct Methode) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Maraji' Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 01(No. 01).

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 1(11), 9-16.

Rintho. (2021, Mei). Pemberdayaan Potensi Masyarakat di Bidang Sosial Pendidikan dan Teknologi dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Desa Margaluyu. Jurnal Pegabdian Kepada Masyarakat, Vol. 01(No. 01).

Sudjani, G. H. (2020). Thariqah mubasyarah: Metode pembelajaran bahasa Arab pada perguruan tinggi. Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 39-46.

Zaini, H. (2017). Teori Pembelajaran Bahasa dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif. Jurna An-Nabigho, Vol.19 (No.02).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Maulida, A. Z. N., Sadiah, L. H., & Rahman, A. S. . (2023). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Thariqah Al-Mubassyarah (Metode Langsung) di Mts Al-Hidayah . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(1). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1062

Terbitan

Bagian

Articles