Optimalisasi Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi di Desa Genteng Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka
Kata Kunci:
Covid-19, Desa, PendidikanAbstrak
Sejak adanya pandemic Covid-19 yang terkonfirmasi pada tanggal 2 Maret 2020 lalu, system pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan. Demi mengutamakan kesehatan, pemerintah terpaksa menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam masa darurat Coronavirus disease (Covid-19), yang memerintahkan seluruh satuan pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh/daring atau yang dikenal dengan system belajar online dari rumah. System pembelajaran online ini memiliki banyak kendala terutama bagi anak- anak yang tinggal di pedesaan. Artikel ini mejelaskan bagaimana cara mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar di masa pandemic Covid-19 dengan menjadikan anak-anak desa sebagai sasarannya berdasarkan penelitian sekaligus pengabdian melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbaris Pemberdayaan Masyarat (KKN DR Sisdamas) yang bertempat diĀ Kampung Cililin RT 01/RW 03 Desa Genteng Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menjelaskan fakta-fakta kejadian berdasarkan sumber yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pendidikan agama dan umum di wilayah pedesaan selama masa pandemic Covid-19 dapat dioptimalkan melalui kegiatan rutin maghrib mengaji dan bimbingan belajar anak.
Referensi
Anita Wardani, Yulia Ayriza. (2021). Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemic Covid-19.
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 772-782.
Euis Kurniawati, Dina Kusumadinata NA, Fitri Andriani. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 241-256.
Nawawi, H. (2003). Menejemen SDM Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Nugraheny, Aulia Riska. (2021). Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemic. Banjarmasin : Universitas Lampung Mangkura
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Rendiawati, Rindi. (2021). Comparasi Pendidikan Anak Desa dan Kota di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 5. 1503-1520.
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. (2003). Jakarta : cemerlang. 17.
Yin, R. (2003). Case Study Research : Design And Method. Open jurnal of social science. 68-90.