Sosialisasi Sejarah Pandemi dan Covid-19 pada Siswa Madrasah An-Nur Cibatu Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Prokes
Kata Kunci:
Covid-19, Protokol Kesehatan, Sejarah, Flu SpanyolAbstrak
Protokol kesehatan merupakan salah satu upaya yang dianjurkan pemerintah agar diterapkan oleh masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Protokol kesehatan berupa memakai masker, menjaga kebersihan, dan menjaga jarak. Banyak masyarakat yang masih tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan salah satunya di kalangan para siswa Madrasah An-Nur. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran prokes dengan pembelajaran sejarah pandemi dan Covid-19. Pembelajaran sejarah dinilai menjadi sebuah alat menarik dalam upaya meningkatkan kesadaran prokes para siswa. Selain itu juga akan dapat menambah pengetahuan mengenai sejarah Indonesia dan meningkatkan pemikiran kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode pendidikan berupa metode ceramah yaitu pemateri menyampaikan bahasan mengenai sejarah pandemi di Indonesia dan Covid-19 serta diskusi yaitu siswa mengajukan pertanyaan kemudian solusi dan jawabannya didiskusikan. Hasil pengabdian ini menunjukan adanya peningkatan kesadaran para siswa madarsah dalam menerapkan protokol kesehatan dan meningkatnya pengetahuan siswa mengenai sejarah pandemi di Indonesia
Referensi
Cipta, Samudra Eka. 2020. “Upaya Penanganan Pemerintah Hindia Belanda Dalam Menghadapi Berbagai Wabah Penyakit di Jawa 1911-1943.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan VIII(2): 162–69.
Heni, Anastasia. 2020. “Analisis: Penyebab Masyarakat Tidak Patuh Pada Protokol COVID-19.” THECONVERSATION.com. https://theconversation.com/analisis-penyebab-masyarakat-tidak-patuh-pada-protokol-covid-19-138311 (Agustus 8, 2021).
Kuntowijoyo. 2018. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Pardiyanto, Martinus Aditya. 2020. “Kebijakan Pemerintah Dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid 19.” SPEKTRUM 17(2): 24–37.
Pramono, Suwito Eko. 2021. “Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Pemecahan Masalah dan Diskusi.” Paramita 22(2): 238–48.
Tambak, Syahraini. 2014. “Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tarbiyah 21(2): 375–401.
Utami, Kristi. 2021. “Diduga Langgar Prokes Saat PPKM Darurat, Sejumlah Camat di Tegal Dipanggil Polisi.” KOMPAS.id. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2021/08/01/diduga-langgar-prokes-saat-ppkm-darurat-sejumlah-camat-di-tegal-dipanggil-polisi/ (Agustus 8, 2021).
Velarosdela, Rindi Nuris. 2021. “Kilas Balik Kronologi Munculnya Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia.” KOMPAS.com. https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/02/05300081/kilas-balik-kronologi-munculnya-kasus-pertama-covid-19-di-indonesia?page=all (Agustus 8, 2021)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Siti Nurbanita Sari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.