Pembinaan Tahsin Al-Quran: Pengenalan Bentuk dan Pelafalan Huruf Hijaiyah di Marasah As-Siroj Desa Jagabaya
Kata Kunci:
Al-Quran, Talaqqi, TahsinAbstrak
Al-Quran yang diturunkan dengan bahasa Arab tentunya memiliki ketentuan yang berbeda dengan bahasa Indonesia yang kita pakai. Masih banyak orang yang membaca Al-Quran dengan pelafalan makharijul huruf yang kurang tepat. Jika tidak diperbaiki sejak dini maka akan berdampak sampai orang tersebut beranjak dewasa. Pengabdian ini bertujuan untuk sedikit demi sedikit memperbaiki pelafalan yang kurang tepat, serta melakukan pembinaan tahsin kepada para peserta didik mengenai cara pelafalan makharijul huruf yang tepat. Metode yang digunakan adalah metode talaqqi, dengan cara berhadapan langsung secara face to face dengan peserta didik. Dan dalam kurun waktu satu minggu sebagian peserta didik dapat membiasakan diri untuk melafalkan makharikul huruf dengan tepat. Terbukti saat pelaksanaan lomba azan
Referensi
Al-Qathan, M. (2009). Pengantar Studi Ilmu Al-Quran. (A. R. al-Mazani, Trans.) Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Annuri, & Ahmad. (2016). Panduan Tahsin Tilawah Al-Quran dan Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Ariani, S. (2015). Program Bengkel Mengaji (Upaya Peningkatan Tahsin Al-Quran Mahasiswa PAI). 118.
Birri, M. B. (2014). Tajwid Jazariyah. 98.
Daud, M. (2006). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Kholifah, A. (2010). AnniUpaya Meningkatkan Kemampuan Tilawah Al-Quran Melalui Metode Tahsin Pada Siswa Kelas V SD Islam Terpadu Cahaya Umat Bergas. 19.
Nurzulaikha, N. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Talaqqi Untuk Membentuk Kemampuan Menghapal Surat-Surat Pendek. 14.
Susanti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Quran Anak Usia Dini. Bandung: Tunas Siliwangi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Lukman Abdul Rozak
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.