Efektivitas Kegiatan Gebyar Muharram dalam Meningkatkan Pengetahuan Agama di Taman Pendidikan Al-Quran Kampung Peundeuy
Kata Kunci:
kegiatan, pengetahuan, agama, anak-anakAbstrak
Hubungan sosial anak semakin erat pada masa kini, perhatiannya terhadap agama juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui seberapa efektif kegiatan Gebyar Muharram untuk memahami secara mendalam tentang langkah yang ditempuh anak-anak di TPA dalam meningkatkan pengetahuan agama. Penelitian ini menggunakan metode Sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat terhadap apa saja permasalahan, keunggulan, dan kebutuhan yang dimiliki masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan sudut pandang ilmu pendidikan khususnya terpusat kepada pengetahuan agama di TPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Gebyar Muharram berpengaruh secara signifikan dengan adanya perlombaan, anak-anak menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam belajar agama Islam
Referensi
Ancok, Djamaluddin. 1994. Psikologi Islam. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.
Drajat, Zakiah. 1970. Ilmu Jiwa Agama, Islam dan Kesehatan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.
Jalaluddin, Prof, Dr, H. 2005. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafinda Persada.
Jasuri. 2013. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Madaniyah, IV, 16-31.
Qadim, Husnul, dkk. 2021. Petunjuk Teknik Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rajih, Hamdan. 2005. Spritual Quotient For Children Agar Si Buah Hati Kuat Imannya dan Ibadahnya. Yogyakarta: Diva Press.
Sabara. 2020. Beragama Dengan Moderat Di Era Pandemi Covid-19. Mimikri: Jurnal Agama dan Kebudayaan, XI (2), 131-149.
Widodo, Slamet., dkk. 2019. New Normal Era. Pasuruan: Qiara Media.
Pada tahun 2020, jurnal berjudul Beragama Dengan Moderat Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal ini ditulis oleh Sabara yang merupakan salah satu penulis pada buku Mimikri. Penelitian ini membahas tentang moderasi beragama dalam kaitannya dengan Pandemi Covid-19. Sedangkan peneliti mengkaji mengenai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan pada era pandemi Covid-19.
Pada tahun 2015, jurnal berjudul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal ini ditulis oleh Jasuri yang merupakan mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Walisongo Semarang. Penelitian ini membahas pentingnya penanaman nilai-nilai agama sejak usia dini. Sedangkan peneliti mengkaji mengenai pengetahuan agama pada anak yang diterapkan dari usia 6 tahun sampai 14 tahun.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aqsal Rizki S
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.