Peningkatan Minat Baca pada Anak di Madrasah Khalasha Desa Girimekar
Kata Kunci:
Pendidikan, Pemecahan Masalah, Sumber Daya ManusiaAbstrak
Peringkat minat baca di Indonesia masih berada di bawah rata-rata, terutama para pelajar di desa Girimekar. Hal tersebut tidak lepas dari faktor pandemi yang sedang terjadi sekarang. Pandemi juga mengakibatkan perekonomian masyarakat menurun. Maka dari itu kami merencanakan program bersama desa untuk meningkatkan minat baca dan mengembangkan motivasi belajar di desa Girimekar menargetkan para pelajar rentang usia TK sampai SMP. Kami mengunjungi sekolah dan madrasah diniyah untuk mensosialisasikan program kami agar segera dijalankan. Metode peningkatan yang kami gunakan yaitu mengadakan kelas tambahan literasi di sekolah sekitar. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat peningkatan minat baca pada anak-anak di TK khalasa. Setelah berjalan konsisten selama satu bulan, akhirnya kami dapat sedikit membantu meningkatkan motivasi membaca anak-anak dan menerapkan bagaimana cara memahami buku yang dibaca oleh siswa.
Referensi
Afandi, A. 2021. Literasi Lingkungan Dan Kesadaran Lingkungan : Potensi Dan Tantangan Dalam Pendidikan Abad 21. March..
Djumransjah, M. 2004. Filasafat Pendidikan, Malang: Bayumedia Publishing.
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 1(1).
Utami, Larasati. 2021. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.
https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661
Warsihna, Jaka. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 4(2).
Yukaristia. 2019. Literasi: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia. Sukabumi: Penerbit CV Jejak
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Azhar Zaeban
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.