Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Solusi Dalam Mengatasi Masalah Kurangnya Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring
Kata Kunci:
Daring, KKN, MasyarakatAbstrak
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata sebagai solusi dalam mengatasi masalah kurangnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Daring ditekankan pada peserta anak didik tingkat Sekolah Dasar/Ibtidaiyah (SD/MI) dan Sekolah Lanjutan Pertama (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2021 di Yayasan Anak Shaleh jln. Rancabolang No. 01 Rt 006 Kel. Margasari kec. Buah Batu Kota Bandung. Pada proses pembelajaran Daring kurangnya tenaga pendidik dan kurangnya kepekaan dalam bimbingan proses belajar mengajar serta rasa jenuh yang muncul menjadi permasalahan yang perlu ditangani guna meningkatkan kualitas belajar yang baik. Tujuan dari pendampingan peserta didik dalam proses Daring adalah sebagai solusi dalam mengatasi kurangnya pemahaman ketika belajar khususnya Daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi hal itu dilakukan untuk mengetahui secara langsung kegiatan pembelajaraan Daring dan permasalahan yang ada dengan cara mendatangi peserta didik untuk mendampingi dalam pembelajaran Daring. Adapun hasil dari pendampingan peserta didik dalam proses belajar mengajar Daring adalah : membuat peserta didik mempunyai semangat untuk mengikuti pembelajaran secara daring yang dilakukan oleh sekolah, peserta didik mempunyai sarana atau wadah untuk bertanya dan belajar, serta memunculkan program aktif di masjid guna mendukung proses belajar mengajar peserta didik.
Referensi
Agustina, P. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling,, 4 (1), 96-102.
Amalina. (2021). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 538-548.
Dindin Jamaludin, T. R. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Iba, T. L. (2020). The Unique Characteristics of Covid-19. Coagulopathy. https://doi.org/10.1186/s13054-020-03077- 0.
Morens, D. M. (1 October 2009). What is a Pandemic
? The journal of Infectious Diseases, Volume 200, issue 7, Pages 1018-1021, Https://doi.org/10.1086/644537.
Pendidikan, M. (2020). Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (Covid-19). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020.
Robiatul Adawiyah, R. A. (2013). Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial dan Kecenderungan Burnout. Persona : Jurnal Psikologi Indonesia.
https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.97, 2
(2), 99-107.
Rosidah, I. M. (2020). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SERTA UPAYA PENINGKATAN FASILITAS PENDIDIKAN DI DESA KRATON PADA MASA PANDEMI
COVID-19. (Vol. 3 ). Pasuruan.
Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BBALIPUSPANEWS.COM.
Syafrida, R. H. (2020). Bersama Melawan Virus Covid-19 di Indonesia. Fakultas Hukum, Universitas Tama Jagakarsa.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Intan Nurur Royan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.