Pendirian Taman Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Anak dan Remaja (Studi Kasus pada Taman Baca Katumbiri di Kp. Cibedug RT. 02 RW. 05 Desa Cijolang Kecamatan BL. Limbangan Kabupaten Garut)
Kata Kunci:
KKN-DR, Membaca, Taman Baca, PengabdianAbstrak
Indonesia merupakan salah satu negara dengan budaya literasi yang sangat rendah, hingga UNESCO menyatakan bahwa Indonesia berada di kedua terbawah di dunia. Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi penulis. Oleh karenanya, pada pengabdian dalam KKN-DR kali ini penulis ingin meningkatkan minat baca, dengan mengawalinya pada lingkup terkecil, yakni dengan mendirikan Taman Baca di dekat tempat tinggal penulis di Kampung Cibedug RT. 02 RW. 05 Desa Cijolang Kecamatan BL. Limbangan Kabupaten Garut. Tujuan dari pengabdian ini yakni untuk meningkatkan minat baca pada anak dan remaja di desa tempat pengabdian. Adapun metode yang digunakan ialah pemberdayaan masyarakat. Hasil dari pengabdian ini adalah ditemukannya kesimpulan bahwa minat baca di desa tempat pengabdian tidak begitu rendah. Jadi bukan minat membaca yang rendah, namun akses bacaannya yang sulit didapatkan
Referensi
Hanggi, Olovia Herlina. 2016. “Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah.” Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Rahmania, S., Miarsyah, M., & Sartono, N. (2015). The difference scientific literacy ability of student having field independent and field dependent cognitive style. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 27-34
Tim Penulis KKN-DR UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2020. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) Masa Wabah Covid-19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung
Wulanjani,Arym Nisma. dkk. Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi siswa Sekolah Dasar, Proceeding of Biology Education, (2019), 3 (1), 26-31
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dalwa Tajul Arfah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.