Analisis Potensi dan Diskusi Solusi Kendala UMKM Pabrik Kerupuk Terdampak Pandemi di Desa Batukarut
Kata Kunci:
Pandemi, UMKM, Potensi, SolusiAbstrak
Ekonomi masyarakat indonesia hingga saat ini belum menunjukan pemulihan yang signifikan pasca pandemi. Usaha Mikro Kecil Menengah sebagai jantung ekonomi masyarakat menengah ke bawah mendapatkan dampak yang besar dari keadaan saat ini seperti penurunan pendapatan, daya beli, dan keterbatasan aktivitas. Dampak dari pandemi pun dirasaksn oleh pelaku UMKM di Desa Batukarut sehingga diperlukan untuk menangi kendala yang sedang dihadapi oleh para pelaku UMKM di Desa Batukarut Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung dalam melakukan usahanya. Salah satu program yang dirancang adalah memberdayakan UMKM setempat dalam menghadapi pandemi. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat potensi yang dimiliki oleh UMKM setempat dan melakukan diskusi untuk memperoleh solusi yang dapat digunakan oleh pelaku terkait untuk mengatasi kendala yang mereka miliki. Partisipan kegiatan ini melakukan observasi dan diskusi pada UMKM Pabrik Kerupuk Ujang Oman yang terdampak. UMKM ini memiliki potensi yang cukup besar dalam ruang lingkup lokal atau domestik, namun tidak meyakinkan untuk menggapai pasar yang lebih luas lagi. Hal ini dikarenakan beberapa kendala yang dimiliki seperti fasilitas kurang memadai, sistem manajemen yang tradisional, akses yang sulit, dan situasi darurat saat ini. Oleh karena itu, kami mengajukan beberapa saran yang bisa digunakan, seperti pembaharuan fasilitas, mengganti sistem perusahaan menjadi lebih modern, dan menggunakan media digital dalam pemasarannya
Referensi
Damaledo, Yandri Daniel. 2021. “Update Corona Dunia Hari Ini 10 September: Total 224 Juta Kasus.” Tirto.id. https://tirto.id.
Flora, Maria. 2021. “Update Jumat 10 September: 4.158.731 Positif Covid-19, Sembuh 3.901.766, Meninggal 138.431.” Liputan 6. https://id.berita.yahoo.com.
Rahayu, Ajeng Kurnia. 2021. “Kondisi Perekonomian Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” Kompasiana. www.kompasiana.com.
Saputra, Dani. 2021. “Survei BI: 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19.” Bisnis.com. https://ekonomi.bisnis.com.
Nayla, Akipa P. 2014. Komplet Akuntansi Untuk UKM Dan Waralaba. 1st ed. Yogyakarta: Diva Press.
Purwana, Dedi. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 1.
Putri, Anandita Zulia, Ningrum Pramudiati, Lulu Amalia Nusron, and Deden Prasetyo. 2021. “Modernisasi Strategi Umkm Demi Resistensi Usaha Di Masa Pandemi Covid-19.” Al-Khidmat 4(1): 58–66.
Rahmana, Arief, Muchammad Fauzi, and Annisa Maharani Suyono. 2021. “Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung.” Al-Khidmat 4(1): 49–57.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Atsil Abdurrahman Naufal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.