Upaya Pendampingan Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada PAUD, SD, dan TPA di Rw 03 Cikoneng Kabupaten Bandung

Penulis

  • Asrul Al Umari Program Studi Tasawuf Psikoterapi Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ira Ryski Wahyuni Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, pembelajaran, Pengabdian

Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah proses pendidikan mahasiswa melalui beragam aktivitas langsung di tengah masyarakat. Mahasiswa berupaya menjadi bagian dari masyarakat secara aktif serta kreatif ikut serta dalam dinamika yang terjalin di masyarakat. Mahasiswa memiliki kedudukan strategis selaku agen of change. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk dedikasi mahasiswa kepada masyarakat melalui pemberian dorongan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, dan pendampingan. Dalam mengimplementasikan program kerja, dibagi menjadi 3 bidang yang bertujuan untuk meminimalisir adanya kerumunan dan penyebaran covid-19. Bidang Pendidikan berfokus dalam pendampingan model pembelajaran daring yang berlangsung di PAUD, SD dan TPA. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pembelajaran daring agar dapat memebri kemudahan kepada siswa PAUD, SD dan TPA. Pada akhir pendampingan pembelajaran, program ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan pembelajaran secara daring

Referensi

Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Yuliana. 2020. Willnes and healthy magazine. Volume 1 dan 2. Fakultas kedokteran universitas Lampung

Riska. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Peristiwa Disekolah Dasar’. JPGSD. Vol 2 Nomor 3. Hal 3

Riska, agus wilanda. 2014. penerapan model pembelajran langsung untuk meningkatkan hasil belajar pada tema peristiwa di sekolah dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya

Adhitya Nur Fathurrahman, Dedi Setyo Utomo, Viola Yorika Ramadhani, Istiharoh, Dhea Novita Aryani Putri. Peran Mahasiswa: Pendidikan Dan Mental Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Tlogosari Wetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-10

Cara Mengutip

Al Umari, A., & Wahyuni, I. R. (2022). Upaya Pendampingan Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada PAUD, SD, dan TPA di Rw 03 Cikoneng Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(66), 1–8. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1013

Terbitan

Bagian

Articles