Pengenalan Digital Marketing Sebagai Strategi Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Strategi pengembangan, Digital Marketing, Ecommece, UMKMAbstrak
Adanya pandemi covid -19 ini mangakibatkan dampak negatifbagi perekonomian, salah satu sektor yang paling merasakan dampak dari adanya pandemi ini yaitu bagi para pelaku UMKM, dimana para pelaku UMKM merasakan penurunan penghasilan, salah satu desa yang merasakan dampak dari pandemi ini yaitu Desa Cibiru wetan tepatnya di Kampung Cikoneng RW 03. Dimana banyak warganya adalah pelaku UMKM dan merasakan sendiri dampak dari adanya pandemi ini. Agar dapat terus mempertahankan usahanya para pelaku UMKM ini diharuskan memiliki ide–ide yang lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya permasalah baru yang diakibatkan oleh adanya pandemi covid-19 ini, maka solusi yang kami tawarkan kepada masyarakat adalah dengan memberikan edukasi perihal bagaimana melakukan pemasaran secara digital mengingat digitalitas di banyak aspek kehidupan manusia sudah sangat menjamur, dan melakukan marketing produk UMKM di beberapa E-commerce merupakan hal yang kami berikan kepada masyarakat sebagai sebuah strategi dalam mengembangkan dan meningkatkan Perekonomian UMKM mereka.
Referensi
Dewi, C. I. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. JAMAIKA: Jurnal Abdi
Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang
vol.2 no.2, 56.
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol.10 No.1, juni 2020, 90.
Riyanthi Idayu, Mohamad Husni dan Suhandi. (2021). pengembangan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Padeglag Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol.7
No. 1, 74.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Farhan Muzakkie
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.