Pengelolaan Citra Dinas Kominfo Bangka Barat Melalui Pembagian Tugas
Kata Kunci:
pengabdian, pemberdayaan, citra, masyarakatAbstrak
Kuliah kerja nyata berbasis Pemberdayaan Masyarakat atau KKN sisdamas 2021 menjadi kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa dalam mengintegrasikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di daerah tertentu untuk turut serta melakukan pemberdayaan masyarakat berdasarkan prinsip pembangunan partisipatif, demokrasi, dan berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Kuliah kerja nyata yang dilakukan oleh penulis dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informasi Bangka Barat karena pada lembaga ini rupanya pada pengelolaannya masih ada kekurangan terutama kegiatan kehumasan yang berkaitan manajemen tenaga masyarakat internal. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis pemberdayaan masyarakat atau KKN sisdamas 2021 diharapkan dapat memberikan bantuan kepada ada masyarakat melalui dinas kominfo Bangka Barat dalam pengelolaan kegiatan kehumasan sehingga terciptanya Citra yang baik di mata masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini yakni pemberdyaan yang evaluatif, di mana kegiatan pengabdian berupa sosialisasi yang kemudian dilakukan diskusi untuk mengukur sejauh mana pengatasan permasalahan sebuah pemberdayaan. Hasil dari pengabdian yakni citra Dinas KOMINFO Bangka Barat sudah mulai bangkit dan bisa merangkul masyarakat melalui pemberian informasi dan pelayanan komunikasi kepada masyarakat.
Referensi
Soemirat, S., & Ardianto, E. (2012). Dasar- dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Cutlip, S. M., Center, A.H., & Broom, G. M. (2016). Effective Public Relations. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Imran, Rosyidi. (2012). Peran Public Relations pada Program CSR dalam Rangka Meningkatkan Citra Positif Perushaan. Tabligh, Vol.9(1).
Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, Vol.1(2).
Aprianita, D., & Hidayat, D. (2020). Program Kampanye #Dirumahaja di Tengah Pandemi Covid-19. osf.io, Vol.4(2).
Fella, R. (2013). Audit Komunikasi. Audit Komunikasi, Vol.1(1).
Hardjana, A. (2000). Audit Komunikasi, Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grasindo.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Riezaldy
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.