OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA IT DARUSSU'UD: DESA PAKUHAJI, KECAMATAN CISALAK, KABUPATEN SUBANG
Kata Kunci:
SMAIT DARUSSU'UD, OPTIMALISASI PEMBELAJARAN, SMA, SOSIOLOGI, PENDIDIKANAbstrak
Artikel ini membahas mengenai optimalisasi pembelajaran sosiologi di SMA IT Darussu’ud Desa Pakuhaji Kecamatan Cisalak. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana konsep pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan diterapkan di Desa Pakuhaji dari sudut pandang sosiologis, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program-program pendidikan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sistem pemberdayaan sosial dengan pendekatan partisipatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dengan pendekatan sosiologis, kita akan mengidentifikasi bagaimana pendidikan berfungsi sebagai alat pemberdayaan yang mendukung transformasi sosial, membentuk norma-norma komunitas, dan mempengaruhi hubungan sosial dalam konteks lokal. Pengabdian ini juga menganalisis tentang dinamika pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan, serta tantangan dan peluang yang dihadapi dalam proses tersebut di Desa Pakuhaji. Pemberdayaan melalui pendidikan membantu meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam berbagai aktivitas sosial dan ekonomi, serta memperkuat kemampuan individu dan kelompok untuk menghadapi tantangan yang ada. Program pendidikan di desa ini berhasil menangani beberapa isu sosial, seperti rendahnya tingkat literasi dan keterampilan kerja, serta mendorong partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan dan pengembangan komunitas.
Referensi
Hartono, Rahma, and Kurniawan. 2019. “Sosialisasi Dan Koordinasi Dalam Program Pengabdian Masyarakat.” Jurnal Pengabdian Sosial 7 (1): 15–25.
Nur’aini, Ratna Dewi. 2020. “Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku.” INERSIA 14 (1): 92–104.
Sariah. 2012. “KEGIATAN BELAJAR PARTISIPATIF.” Jurnal Pemikiran Islam 37 (1): 45–51.
Virdi, Santika, Khusnul Khotimah, and Kartika Dewi. 2023. “Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya Dan Pengajarannya 2 (1): 162–77.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Choirunnisa Diningrum, Daffa Fadhilla Firmansyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

