Penerapan Pola Asuh Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Desa Kertaharja
Keywords:
Pembentukan karakter anak, Pola asuh orang tuaAbstract
Pola asuh orang tua terhadap anak merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk pembentukan kepribadian anak. Terdapat tiga macam pola asuh yang dapat diterapkan oleh orang tua terhadap anak, yaitu: pola asuh demokratis, pola asuh permisif dan pola asuh otoriter. Penulis bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk pola asuh yang harus diterapkan orang tua kepada sang anak dalam membentuk karakter pada usia pertumbuhan dengan metode observasi dan wawancara kemudian hasilnya dilakukan untuk kegiatan penyuluhan dan sosialisasi. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pola asuh yang dapat diterapkan oleh orang tua dalam membentuk karakter pada anak yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat pendidikan orang tua dan usia anak dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pola asuh orang tua terbagi menjadi dua macam, yaitu faktor internal (keluarga) dan faktor eksternal (lingkungan sekitar dan budaya).
References
Endah Purwaningsih,(2014). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEJADIAN. Jurnal Involusi Kebidanan, Vol. 4
Fadillah, Ika dkk. 2010 . Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Emotional Quotient pada Anak Usia Prasekolah di TK Islam AlFatihah Sumampir Purwokwrto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 5, No.1, Maret 2010.
Gunarsa, Singgih. 2002, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Gunung Mulia.
Ira rauf, P. F. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Desa Nggele terhadap Pembentukan. DINIYAH , 33-34.
Mussen, P. H. 1989. Pengembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta
Sochib, Moch. 2000. Pola Asuh Orang Tua. Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta: Jakarta
Tengah, K. (2019). Kegiatan Seminar dan Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam Keluarga. Retrieved September 06, 2021, from Kota Layak Anak:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anisa Nabilasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.